You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tanggul Kalibaru yang Longsor Langsung Diperbaiki
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Petugas Gabungan Perbaiki Tanggul Kalibaru yang Longsor

Kita kerahkan 40 Satgas SDA untuk perbaikan

Personel Satgas Sudin Sumber Daya Air dan PPSU Kecamatan Kramat Jati, Senin (8/11), langsung dikerahkan untuk memperbaiki turap Kalibaru yang longsor akibat tidak mampu menahan debit air tinggi saat hujan lebat, Minggu (7/11).

Sudin Sosial Jaktim Salurkan 1.700 Boks Makanan Siap Saji ke Warga Terdampak Genangan

Asisten Ekbang Kota Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan, turap sepanjang 140 meter ini longsor pada empat titik lokasi yang seluruhnya berada di wilayah RW 01 Kelurahan Tengah. Untuk sementara petugas gabungan melakukan perbaikan dengan memasang kayu dolken dan karung pasir. Jika debit air Kalibaru surut akan dilanjutkan dengan pemasangan batu bronjong.

"Kondisi turap memang umumnya cukup tua dan belum pernah diperbaiki. Kondisi ini diperparah dengan cuaca dan kondisi hujan yang cukup deras. Ada juga turap jebol akibat terdorong oleh akar pohon yang rindang," papar Kusmanto, saat meninjau lokasi turap longsor tersebut.

Menurut Kusmanto, pihaknya akan koordinasi dengan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur agar dilakukan penanganan pohon di bantaran kali. Terutama yang akarnya menempel dinding turap agar dibersihkan. Ini penting dilakukan agar turap yang telah diperbaiki tidak jebol lagi akibat akar pohon yang ada.

Wakil Camat Kramat Jati, Yuswil Rasyid menambahkan, saat kejadian turap longsor pihaknya langsung koordinasi dengan unit teknis terkait. Mulai dari Sudin SDA, UPK Badan Air, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur hingga kelurahan setempat. Setelahnya, petugas gabungan melakukan penanganan sesuai tupoksinya masing-masing.

"Semua satgas dari unit teknis dikerahkan untuk penanganan. Ada yang memperbaiki turap longsor, membersihkan sampah dan lumpur sisa banjir, pengurasan air genangan dan sebagainya," beber Yuswil.

Sementara, Kasatpel SDA Kecamatan Kramat Jati, Muchlis mengungkapkan, dari empat titik tanggul longsor, tahap awal ada dua titik yang dilakukan perbaikan dengan panjangnya 30 dan 50 meter. Dua titik lainnya mulai dikerjakan pada Selasa (9/11) besok.

"Kita kerahkan 40 Satgas SDA untuk perbaikan tanggul yang longsor di Kalibaru. Hari ini dua lokasi longsor dulu dan besok rencana empat lokasi longsor kita lakukan perbaikan seluruhnya," pungkas Muchlis.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye8904 personNurito
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Berawan Hingga Diguyur Hujan

    access_time14-04-2024 remove_red_eye5344 personAnita Karyati
  3. Pengunjung TMR Manfaatkan Layanan Kesehatan PMI Jakarta Selatan

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4959 personTiyo Surya Sakti
  4. 1.033 Pemudik Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4623 personNurito
  5. Wisatawan dan Warga di Kepulauan Seribu Dihibur Musik Kreatif Ruang Publik

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4413 personAnita Karyati
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved