You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Baznas Bazis Jaktim Bangun 18 Septick Tank di Rumah Warga Setu
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Baznas Bazis Jaktim Bangun 18 Septic Tank Bagi Warga Kurang Mampu di Setu

Pembuatan septic tank per unitnya membutuhkan biaya sekitar Rp 1,5 juta 

Baznas Bazis Jakarta Timur, membangun 18 septic tank di rumah warga tak mampu di Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur. Pembangunan septic tank ini untuk mengantisipasi kasus stunting sekaligus menjaga kesehatan lingkungan.

Senan Bersyukur Rumahnya Direhab Baznas Bazis Jaktim

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Napisah mengatakan, dari 18 septic tank yang dibangun itu, 15 berasal dari anggaran pihaknya dan tiga hasil dari swadaya masyarakat sekitar. Seluruhnya diberikan pada warga tak mampu yang selama ini membuang kotoran tinjanya ke empang maupun saluran air dekat rumahnya.

"Pembuatan 18 septic tank ini diberikan pada masyarakat tak mampu. Jika dibiarkan, akan menggangu kesehatan lingkungan masyarakat itu sendiri," beber Eka, Selasa ( 11/1).

Wakil Ketua 4 Baznas Bazis DKI Jakarta, Nasir Tajang menambahkan, pihaknya saat ini tengah menggalakkan program pembuatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di masyarakat dengan sasaran warga yang belum memiliki septic tank.

"Pembuatan septic tank per unitnya membutuhkan biaya sekitar Rp 1,5 juta dan proses pengerjaan sekitar satu bulan untuk 18 septic tank," kata Nasir.

Diharapkan, dengan pembuatan septic tank ini dapat menjadikan lingkungan sehat dan mencegah terjadinya kasus stunting di masyarakat. Seluruh biaya pembuatan septic tank ini berusmber dari dana ZIS yang dikelola masyarakat.

Sementara, Camat Cipayung, Panangaran Ritonga mengungkapkan, pihaknya mengusulkan pembuatan septic tank sebanyak 185 unit. Saat ini yang sudah terealisasi 34 unit.

"Alhamdulillah sudah terealisasi 34 unit. Ini dapat memotivasi jajaran kecamatan dan kelurahan untuk menggali potensi-potensi yang ada di wilayah untuk ZIS. Karena anggaran akan disalurkan ke masyarakat melalui program pembangunan," ucap Ritonga.

Sompen bin Namin (76), salah seorang warga yang rumahnya dibangun septic tank, mengaku sangat senang. Selama ini ia membuang tinja ke empang di sisi timur rumahnya. Dia mengaku, ingin membangun septic tank sejak lama namun tak mampu lantaran tak memiliki anggaran. Apalagi ia sudah tidak bekerja dan hanya mengandalkan bantuan dari anaknya untuk biaya hidup.

"Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi pada Baznas Bazis DKI dan jajaran Pemprov DKI yang telah membangun septic tank. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan keluarga kami," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1509 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1461 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1429 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1420 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1402 personAldi Geri Lumban Tobing
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved