You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Djarot Pastikan 2016, APBD DKI Gunakan Perda
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Wagub Ingin Tahun Depan APBD DKI Gunakan Perda

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat, berharap tahun 2016 mendatang, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI menggunakan Peraturan Daerah (Perda), bukan Peraturan Gubernur (Pergub) yang berlaku tahun ini. Untuk itu, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan secara berjenjang selalu melibatkan semua pihak mulai dari pengurus RT/RW hingga kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Kami mendorong betul 2016 ini, APBD jadi Perda bukan Pergub lagi. Karena ini dimulai prosesnya dari awal

"Kami mendorong betul 2016 ini, APBD jadi Perda bukan Pergub lagi. Karena ini dimulai prosesnya dari awal," kata Djarot, usai menghadiri Musrenbang 2016, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (14/4).

Mantan Walikota Blitar itu menuturkan, kegiatan Musrenbang ini adalah proses awal untuk penyusunan APBD. Sehingga semua pihak harus dilibatkan agar pelaksanaannya tepat sasaran. Diakuinya pula, komunikasi dan harmonisasi antara eksekutif dan legislatif sangat diperlukan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Pemprov DKI-DPRD Harus Bersinergi

Menurutnya dengan Musrenbang, bisa diketahui usulan dari setiap tingkatan, baik dari masyarakat, pemerintah daerah, maupun dari DPRD itu sendiri. Karena nantinya hasil dari Musrenbang ini, akan menjadi bahan dasar untuk penyusunan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

Ditegaskan Djarot, mulai tahun ini pula diterapkan e-musrenbang. Ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya Pemprov DKI juga telah menerapkan e-goverment. Di mana setiap kegiatan harus saling berkaitan menggunakan sistem elektronik, seperti e-planning dan e-budgeting.

"Spirit kami adalah bagaimana proses perencanaan ini betul-betul berkualitas, sehingga sering kami sampaikan bukan persoalan e-budgeting-nya tapi apa yang masuk ke e-budgeting itu harus betul-betul berkualitas, terutama programnya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1031 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye953 personAldi Geri Lumban Tobing