You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Baznas Bazis DKI Jakarta Siapkan 12 Program Selama Ramadan 1443 H
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Ini 12 Program Baznas Bazis DKI Selama Ramadan

Baznas Bazis DKI Jakarta menyiapkan 12 program selama Ramadan 1443 Hijriah. Beragam program tersebut merujuk pada satu tema besar yang diberi nama 'Ramadhan Semua Jadi Istimewa'.

Semoga program yang nantinya dilaksanakan memberikan manfaat luar biasa

Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Akhmad H. Abubakar mengatakan, 12 program yang akan dilaksanakan selama Ramadan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada warga Jakarta, khususnya yang sangat membutuhkan bantuan.

“Tugas dan fungsi Baznas Bazis DKI Jakarta untuk membantu warga, khususnya mustahik," ujarnya, Senin (28/3).

Baznas Bazis DKI Siapkan Program Semua Jadi Istimewa Saat Ramadan

Ia menuturkan, sesuai tema yang diusung, 12 program khusus Ramadan ini diharapkan dapat menjadi istimewa bagi warga Jakarta, terutama para dhuafa dan yatim piatu. Pihaknya juga mengapresiasi kepada para muzaki yang selama ini telah memberikan dukungan dan bantuan untuk keberlangsungan program Ramadan Semua Jadi Istimewa.

"Anggaran yang disiapkan untuk 12 program ini sekitar Rp 29,4 miliar. Semoga program yang nantinya dilaksanakan memberikan manfaat luar biasa dan dapat membantu masyarakat," ucapnya.

Abubakar menyampaikan, salah satu program pada Ramadhan Semua Jadi Istimewa bernama Free Takjil Untuk Semua. Dalam program ini, pihaknya akan memberikan takjil dan makanan selama 25 hari di titik strategis, termasuk halte-halte Transjakarta yang ramai penumpang. Sasarannya program ini warga yang tidak dapat berbuka puasa di rumah. Adapun jumlah paket yang disediakan 18.000 porsi makanan dan 625.000 paket takjil.

“Tujuannya sederhana tapi bermakna. Kami memikirkan warga Jakarta yang pulang kerja sebelum Maghrib menggunakan armada Transjakarta. Free Takjil ini untuk memudahkan mereka membatalkan puasanya di perjalanan pulang," ungkapnya.

Program menarik lainnya, sambung Abubakar bernama Santunan Ramadan. Program tersebut berupa pemberian santunan dalam bentuk voucher belanja di warung rekomendasi kelurahan.

"Prinsipnya, warga Jakarta jangan sampai ada yang merasa kelaparan. Ini yang menjadi fokus kami, bagaimana supaya tiap hari minimal 1.000 orang yang makan di warung-warung," tuturnya.

Ia melanjutkan, program lain yang disiapkan bernama Ngabuburit di Warung Difabis. Program ini digagas sebagai sebagai bentuk dukungan terhadap penyandang disabilitas dalam rangka pengembangan ekonominya.

“Mereka memang punya keterbatasan, tetapi mereka bisa melayani masyarakat dengan baik. Poinnya, jangan sampai kita tinggalkan dan lupakan mereka. Aspek dan segi kemanusiaan mereka harus diperhatikan,” jelasnya.

Selanjutnya ada program bernama Duta Imam Muda Tarawih. Program ini hasil kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI Jakarta dengan Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Qur’an (LBIQ). Dalam program tersebut, ada 200 imam muda yang akan mengisi tarawih di masjid-masjid.

“Tujuan utamanya bagaimana meningkatan pelayanan kepada masyarakat yang sedang beribadah, terutama dalam Salat Isya dan Tarawih," katanya.

Berikut 12 program-program Ramadhan Semua Jadi Istimewa:

1. Free Takjil Untuk Semua: memberikan takjil dan makanan selama 25  hari di titik strategis

2. Tegar: mengangkat kisah inspiratif puasanya masyarakat marjinal di tengah kemegahan kota Jakarta.

3. Hapus Tato: memfasilitasi masyarakat yang ingin hijrah agar dapat lebih khusyuk dalam ibadah (target peserta 1.000 orang).

4. Duta Imam Muda Tarawih: sebagai momen pembinaan mental spiritual yang bersifat personal serta sosial (target titik 1.000 masjid).

5. Lomba Marawis: ajang untuk memeriahkan bulan suci Ramadan dan sebagai sarana asah keterampilan warga Jakarta (7 April 2022).

6. Pesantren Qur’an Difabis: membangun pesantren gratis untuk para difabis dan mencetaknya jadi penghafal Qur’an.

7. Cahaya Ramadan Panti: pembinaan spiritual kepada anak panti agar mencintai qur’an (1-28 April 2022).

8. Tarawih Keliling: tarawih bareng Gubernur, Wakil Gubernur, dan Sekda Provinsi DKI Jakarta agar semakin dekat dengan masyarakat.

9. Selametan Rume: seremonial program bedah rumah dan ajang silaturahim penerima manfaat.

10. Ngabuburit di Warung Difabis: menampilkan pertunjukan seni Islami dari pemenang lomba seni yang diselenggarakan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta di Terowongan Kendal, Stasiun Sudiman mulai jam 16.00 sampai waktu buka puasa.

11. Mistery Box Ramadan: pemberian paket kepada anak-anak yatim yang ada di panti sosial.

12. Santunan Ramadan: memberikan santunan berupa voucher belanja di warung rekomendasi kelurahan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Peluncuran Buku Dandang Betawi, Pemprov DKI Dukung Upaya Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda Berupa Resep Kuliner Langka Khas Betawi

    access_time30-09-2022 remove_red_eye2312 personAnita Karyati
  2. Gabung Jakpreneur, Kopi Rumah Teman Raup Keuntungan

    access_time30-09-2022 remove_red_eye2230 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Baca Jakarta Triwulan III Tahun 2022 Diikuti 117.219 Peserta

    access_time30-09-2022 remove_red_eye2001 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Perayaan Baca Jakarta 2022, Upaya Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1383 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemkot Jakpus Gelar Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

    access_time30-09-2022 remove_red_eye1380 personFolmer