You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Potensi Budidaya Tanaman Hidroponik di Ibukota Masih Besar
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Tanaman Hidroponik Berpotensi Besar Dikembangkan di Jakarta

Budi daya tanaman hidroponik berpotensi besar dikembangkan dan mampu menjadi sumber pendapatan serta pemenuhan kebutuhan sayuran warga.

budi daya hidroponik bisa mendatangkan cuan

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Dedi Nursyamsi mengatakan, budi daya tanaman hidroponik sangat cocok dikembangkan di perkotaan mengingat keterbatasan lahan.

"Hasil budi daya hidroponik di perkotaan dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan warga serta meraup keuntungan dari hasil penjualan sayuran tersebut,” ujar Dedi Nursyamsi saat ngobrol asyik sambil ngabuburit secara daring, Selasa (26/4) sore.

Kelurahan Cempaka Putih Timur Bakal Kembangkan Budi Daya Anggur

Untuk itu, lanjut Dedi, pihaknya mengajak warga Jakarta menjadi petani budi daya hidroponik generik dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar rumah.

"Selain sehat mengonsumsi sayuran, budi daya hidroponik bisa mendatangkan cuan," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ketahanan Pangan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan, Nila Kartika menjelaskan, pihaknya membina sebanyak 265 pelaku urban farming yang tersebar di 10 kecamatan.

Ratusan pelaku urban farming memanfaatkan lahan kecil di sekitar tempat tinggalnya untuk dijadikan lahan pertanian khususnya budi daya tanaman hidroponik yakni sayuran.

"Pembinaan yang telah dilakukan tidak sekadar memberikan pendampingan bercocok tanam, bahkan hingga ke pemasaran. Kami membantu hasil pertanian urban farming dipasarkan ke sejumlah swalayan," ungkapnya.

Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Hidroponik Generik Kecamatan Pesanggrahan, Latifah menambahkan, budi daya tanaman hidroponik yang telah dihasilkan di lahan miliknya dan dipasarkan sebanyak 60 kilogram terdiri dari delapan jenis sayuran setiap pekannya.

"Kami juga memasarkan hasil budi daya tanaman hidroponik warga melalui program gang hijau seperti pakcoy dan sebagainya sehingga menambah penghasilan ibu rumah tangga," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5009 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4236 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2884 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2830 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2724 personFolmer