You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wakadishub DKI Tinjau Arus Mudik di Terminal Kampung Rambutan
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Wakadishub DKI Tinjau Arus Mudik di Terminal Kampung Rambutan

Memasuki H-3 Idulfitri 1443 Hijriah, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Chaidir, melakukan peninjauan ke Terminal bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Kami ingin memastikan mudik aman, mudik sehat tahun ini.

Dalam peninjauan tersebut, Chaidir melakukan pengecekan loket-loket penjualan tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) hingga sarana dan prasarana penunjang bagi pemudik maupun awak bus AKAP.

Menurut Chaidir, memasuki H-3 Lebaran pelaksanaan arus mudik pada terminal-terminal di Jakarta relatif berjalan lancar tanpa kendala berarti.

Arus Mudik Mulai Padati di Terminal Bus Tanjung Priok

"Saya melihat, termasuk di Terminal Kampung Rambutan ini sudah berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan. Mulai dari arus, kedatangan calon pemudik, pelayanan hingga keberangkatan sudah berjalan baik," ujarnya, Jumat (29/4).

Chaidir menjelaskan, sesuai dengan kebijakan pemerintah bagi pelaku perjalanan mudik harus sudah divaksin dosis lengkap hingga dosis ketiga atau booster.

"Kalau belum booster, di Terminal Kampung Rambutan ini sudah kami sediakan. Kami ingin memastikan mudik aman, mudik sehat tahun ini. Prinsipnya, layanan yang baik bagi masyarakat, pemerintah sudah menyediakan," tegasnya.

Menurutnya, hingga H-3 Hari Raya Idulfitri tahun ini belum terjadi lonjakan yang sangat signifikan sebagaimana terjadi di tahun 2019 atau sebelum pandemi terjadi.

"Untuk penumpang bus AKAP reguler masih belum terlalu banyak. Rata-rata tiap bus hanya diisi 10-15 penumpang," ungkapnya.

Ia menuturkan, kondisi ini diduga terjadi karena banyak warga yang mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, masih banyak warga yang mungkin takut tertular COVID-19 karena menggunakan transportasi umum.

"Adanya fasilitas mudik gratis, termasuk dari Pemprov DKI saya kira juga memberikan dampak penumpang bus AKAP reguler belum terjadi lonjakan," bebernya.

Chaidir menambahkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta terus memastikan armada bus AKAP laik jalan sebelum berangkat serta sopir dalam kondisi sehat saat membawa kendaraan.

"Kami melakukan ramp check untuk kendaraan, termasuk administrasi. Pengemudi juga menjalani tes narkoba hingga tekanan darah. Kalau ada kendaraan tidak laik kami larang berangkat. Demikian halnya dengan sopir, jika tidak sehat apalagi menggunakan narkoba kami akan larang mengemudi," tandasnya

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5851 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4615 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3280 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3241 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3116 personFolmer