You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 1.189 Ekor Hewan Ternah di Jakpus Sudah Diperiksa Kesehatan
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Kesehatan 1.189 Ekor Hewan Ternak di Jakut Sudah Diperiksa

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara gencar melakukan pemeriksaan mulut dan kaki hewan ternak. Sekal 9-13 Mei 2022, tercatat sebanyak 1.189 hewan ternak milik warga telah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan dalam kondisi sehat. Ini dilakukan untuk menantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kaki (PMK) pada hewan ternak menjelang Iduladha

Kami sudah melakukan pemantauan di lapangan

Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto merinci, dari jumlah 1.189 ekor hewan ternak yang diperiksa terdiri dari, 283 ekor sapi, lima ekor kerbau, 565 kambing, dan 336 ekor domba.

"Kami sudah melakukan pemantauan di lapangan. Sampai saat ini secara keseluruhan tidak ditemukan adanya PMK menular di Jakarta Utara,” ujar Unang Rustanto, Sabtu (14/5).

215 Ekor Hewan Ternak di Jakpus Sudah Diperiksa Kesehatan

Dikatakan Unang, selain melakukan kunjungan lapangan, pihaknya juga telah menggelar kegiatan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) untuk pengenalan penyakit dalam rangka kewaspadaan dan pengendalian 'PMK menular' di 40 tempat peternak dan penampungan hewan.

"Pemeriksaan dan pengawasan kami lakukan secara rutin untuk menjamin kesehatan hewan ternak menjelang Iduladha, sekaligus mengikuti perkembangan kasus PMK secara nasional," katanya.

Ditambahkan Unang, PMK ini menular disebabkan oleh Apthovirus yang kerap terjadi pada hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba, babi dan rusa, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan air liur, mulut, gigi, lidah, kuku hingga detak jantung hewan.

Untuk pencegahan, sambung Unang, petugas telah memberikan bantuan paket disinfektan kepada peternak dan penampung hewan ternak untuk melakukan dekontaminasi dan pelaksanaan pembersihan di dalam dan luar kandang (biosecurity) hewan.

"Pemkot Jakut mewajibkan hewan ternak yang akan masuk ke wilayah dilengkapi sertifikat kesehatan ternak dari daerah asal,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5046 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3413 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3262 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3218 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3207 personAnita Karyati