You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Cegah Penyebaran PMK, Sudin KPKP Jaktim Periksa Hewan Sapi
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sudin KPKP Jaktim Periksa Kesehatan Hewan Ternak Sapi di Cakung

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi milik warga di Kawasan Industri Pulogadung, Jatinegara, Cakung.

Kita akan terus sosialisasikan sekaligus memeriksa kesehatan hewan milik warga

Kegiatan pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan peliharaan.

Pantauan beritajakarta.id, dalam kegiatan ini, petugas memeriksa kesehatan hewan, mulai dari detak jantung, suhu tubuh hingga bagian mulut, kuku dan hidung. 

Dinas KPKP Pastikan Stok Daging Babi Saat Imlek Aman

Bersama dengan itu petugas juga memberikan bantuan cairan disnfektan kepada pemilik hewan ternak sapi di lokasi.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, langkah mitigasi terhadap penyebaran PMK ini dilakukan setelah adanya rilis dari Kementerian

Pertanian (Kementan) RI pada 5 Mei lalu.

Dari rilis tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI untuk melakukan pemeriksaan hewan di lima wilayah kota Jakarta.

Hasilnya, tidak ditemukan adanya penyebaran PKM pada hewan peliharaan warga, baik pada hewan sapi, kambing maupun kerbau.

"Alhamdulillah sampai saat ini dan diharapkan seterusnya tidak ditemukan indikasi adanya gejala klinis mengarah ke PMK," ujarnya, Kamis (12/5).

Menurutnya, PMK bukan suatu penyakit zomosis, namun mudah menular dari hewan satu ke hewan lainnya. Sehingga jika sampai terjadi dapat menimbulkan kerugian ekonomi bagi peternak hewan.

"Karena itu perlu diwaspadai sejak dini. Pihaknya juga akan membuka hotline service layanan aduan di lima wilayah kota atau warga bisa menghubungi petugas KPKP terdekat," terangnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, Ali Nurdin menambahkan, pihaknya akan terus melakukan komunikasi, informasi dan edukasi pada masyarakat soal PMK. Khususnya terhadap para peternak sapi, kerbau dan kambing agar bisa segera bersama-sama melakukan pencegahan.

"Kita akan terus sosialisasikan sekaligus memeriksa kesehatan hewan milik warga. Apalagi jelang Idul Adha nanti, pemeriksaan semakin ditingkatkan," imbuhnya.

Peternak Sapi, H. Zaelani  (62) mengaku tidak merasa resah dengan adanya isu PMK. Karena setiap hari, dirinya selalu mengutamakan kebersihan, baik pada kandang, sapi maupun para pekerjanya.

"Isu PMK saat ini tidak mempengaruhi penjualan sapi saya. Kita berharap tidak ada masalah dengan kesehatan sapi saat musim Idul Adha nanti," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Wagub Ariza Berharap Mitra Pemprov DKI Tingkatkan Sinergi dalam Melanjutkan Pembangunan Jakarta Sebagai Kota Global

    access_time19-05-2022 remove_red_eye2350 personYudha Peta Ogara
  2. Formula E-Prix 2022 Siap Meriahkan HUT ke-495 Kota Jakarta

    access_time19-05-2022 remove_red_eye2320 personAnita Karyati
  3. Satpol PP Gelar Lomba Kampung Peduli Tramtibum Sambut HUT Jakarta

    access_time19-05-2022 remove_red_eye2220 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Dinas KPKP DKI Luncurkan Jakpreneur Corner

    access_time20-05-2022 remove_red_eye2009 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Walkot Jakbar Minta ASN Tingkatkan Kinerja

    access_time20-05-2022 remove_red_eye1976 personTP Moan Simanjuntak