You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Revitalisasi Loksem dan Lokbin di Jakarta Ditarget Lampaui RPJMD
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Revitalisasi Loksem dan Lokbin di Jakarta Ditarget Lampaui RPJMD

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menargetkan dapat merevitalisasi 54 lokasi sementara (loksem) dan enam lokasi binaan (lokbin) akhir tahun ini.

Diharapkan pada akhir tahun 2022 realisasinya melampaui target

Jumlah loksem dan lokbin pedagang yang akan direvitalisasi tersebut sesuai target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2017-2022.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, sejauh ini 35 loksem dan enam lokbin di berbagai wilayah Jakarta telah direvitalisasi. Tujuh loksem sisanya akan direvitalisasi pada tahun ini dengan menggunakan dana dari APBD maupun Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan swasta tahun ini.

Dinas PPKUKM akan Rehabilitasi Tujuh Loksem Tahun Ini

“Sejak tahun 2017-2021 sudah ada 17 loksem direvitalisasi melalui kolaborasi atau CSR. Diharapkan pada akhir tahun 2022 realisasinya melampaui target menjadi 59 loksem,” ujarnya, Selasa (24/5).

Ratu menjelaskan, pengembangan kewirausahaan terpadu menjadi daya ungkit terhadap penurunan tingkat pengangguran terbuka. Revitalisasi ini merupakan salah satu bentuk upaya memfasilitasi para wirausaha pemula dan pengembangan bagi para wirausaha agar naik kelas.

"Revitalisasi loksem dan lokbin secara langsung juga dapat membangkitkan semangat berusaha para pelaku UMKM binaan," sambungnya.

Menurut Ratu, revitalisasi merupakan bagian dari upaya mempercantik kota agar dapat mengundang pengunjung datang ke loksem dan lokbin. Selain itu, efek pengganda dari revitalisasi bukan hanya mendukung estetika kota, tapi juga memberi pengaruh positif pada perekonomian sektor UMKM.

“Kalau lokasi kegiatan usaha diremajakan akan berdampak pada meningkatnya produktivitas pelaku UMKM dengan banyak konsumen yang datang,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11485 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4213 personTiyo Surya Sakti
  3. Perbaikan Tanggul Jebol di Cibubur Rampung Pekan Depan

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4077 personNurito
  4. 15 Unit Pemadam Atasi Kebakaran di Kemayoran Gempol

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4071 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Percepatan Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta, Pemprov DKI Teken MoU Bersama Sojitz Corporation

    access_time17-04-2024 remove_red_eye3975 personFolmer