You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Ini Langkah-Langkah Bayar PBB-P2 Secara Online

Pembayaran PBB-P2 Bisa Online, Ini Langkah-Langkahnya


Reporter: Adriana Megawati
Editor: Rio Sandiputra

14 Oktober 2020 14:39 WIB | Dibaca 420 X

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta memberikan langkah-langkah praktis bagi wajib pajak yang ingin melakukan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan, Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2020 melalui website pajakonline.jakarta.go.id


Kepala Bapenda DKI Jakarta, Mohammad Tsani Annafari mengatakan, pihaknya memberikan kebijakan Relaksasi Pajak Daerah PBB-P2 Tahun 2020 bagi wajib pajak melalui tiga tahap. Tahapan-tahapan ini dapat dilakukan secara online, melalui website resmi Bapenda DKI Jakarta.


Kebijakan relaksasi ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi penerimaan Pajak Daerah PBB-P2, dan memberikan keringanan kepada wajib pajak yang terdampak Pandemi Covid-19. Termasuk dalam hal pelunasan kewajiban PBB-P2 secara bertahap.


"Karena itu, kita berikan tutorial membayarnya agar lebih mudah," kata Tsani saat dikonfirmasi, Rabu (14/10).


Untuk melakukan pembayaran secara online langkah-langkahnya wajib pajak harus masuk ke website www.pajakonline.jakarta.go.id terlebih dahulu.


Kemudian pilih tombol masuk yang berada di pojok kanan atas, dan pilih wajib pajak. Lalu masukkan email dan password yang telah terdaftar di pajakonline.jakarta.go.id.


Selanjutnya, pilih pelunasan bertahap dan klik tambah permohonan pelunasan. Isi data diri pemohon serta isi data objek PBB-P2 agar sistem dapat melakukan proses validasi.


Kemudian akan muncul data nilai pembayaran dan jangan lupa pastikan data pemohon, data wajib pajak dan data objek pajak telah sesuai. Setelah itu, lihat jumlah tahapan pelunasan.


"Jangan lupa sebelum tahapan pembayaran, baca dan pahami ketentuan khusus, kemudian klik kotak saya setuju dan klik next. Wajib pajak akan diarahkan ke tahapan pembayaran ada beberapa metode, dan kemudian akan ditampilkan ringkasan yang terdiri dari tahapan pelunasan, kode bayar, tanggal jatuh tempo hingga kanal pembayaran. Setelah itu wajib pajak dapat membayar di bank yang telah dipilih," tandasnya.