You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Demo Kantor Sudin Nakertrans, Buruh KBN Sampaikan Persoalan Perburuhan
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Demo, Buruh Tuntut Penyelesaian Persoalan

Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Kawasan (ABK) berdemonstrasi ke kantor Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Utara, di Jl Raya Plumpang, Tugu Selatan, Koja, Rabu (29/4). Dalam aksinya, buruh menyampaikan persoalan perburuhan yang terjadi di dalam Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung-Cilincing.

Kita datang untuk menyampaikan persoalan-persoalan yang terjadi di KBN. Selama ini persoalan ini belum ditindaklanjuti oleh Sudin Naker

Persoalan tersebut di antaranya, penghangusan serikat kerja oleh perusahaan dan manajemen KBN, skorsing untuk menyiasati lembur kerja, pelecehan seksual dan tidak diperkenankan cuti haid. Selain itu, persoalan buruh kontrak dan penggunaan outsourching masih marak terjadi.

Ketua Umum Forum Buruh Lintas Pabrik, Jumisih mengatakan, aksi yang dilakukan sebagai respon jelang perayaan hari buruh sedunia pada 1 Mei nanti. "Kita datang untuk menyampaikan persoalan-persoalan yang terjadi di KBN. Selama ini persoalan ini belum ditindaklanjuti oleh Sudin Naker," tegasnya.

May Day, Jalur Menuju Istana Dialihkan

Dikatakan Jumisih, pelanggaran manajemen perusahaan terhadap para buruh selama ini dilakukan dengan rapi. Seperti sistem skorsing yang mengharuskan buruh bekerja di luar jam seharusnya tanpa dibayar lembur, dilakukan tanpa mengabsen para pekerja.

"Penghangusan serikat pekerja pun dilakukan dengan berbagai modus. Ada yang melakukan intimidasi hingga membuat organisasi buatan perusahaan untuk menandingi serikat buruh," ujarnya.

Kasudin Nakertrans Jakarta Utara, Hedi Wijaya mengatakan, pihaknya tengah memproses persoalan perburuhan yang disampaikan. Namun, ia mengakui untuk menyelesaikan persoalan perburuhan tersebut, dibutuhkan waktu.

"Selama ini sudah kita proses. Tapi memang prosesnya membutuhkan waktu," katanya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye975 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing