You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Buka Empat Booth di Jamnas Pramuka XI
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Buka Booth di Jamnas Pramuka XI

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta membuka empat booth di acara Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka XI yang digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Booth tidak hanya terkait pertanian, tapi juga peternakan, perikanan dan ketahanan pangan

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya terus berkolaborasi dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DKI Jakarta dalam pelaksanaan acara ini.

"Menariknya dalam Jambore ini kami membuka booth tidak hanya terkait pertanian, tapi juga peternakan, perikanan dan ketahanan pangan," ujarnya, Senin (15/8).

Dinas KPKP Kolaborasi Kembangkan Urban Farming

Eli berharap, booth dari Dinas KPKP ini d

dapat menjadi sarana edukasi bagi seluruh peserta atau anggota Pramuka di Indonesia yang mengikuti Jambore.

"Aktivitas urban farming itu banyak memiliki manfaat mulai dari kesehatan, interaksi dengan sesama, menjadikan lingkungan hijau dan asri hingga memberikan dampak ekonomi," terangnya.

Menurut Eli, Dinas KPKP memiliki 14 kebun bibit, balai benih ikan serta agro edu wisata yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar dan rekreasi bagi masyarakat, termasuk para anggota Pramuka.

"Adik-adik Pramuka ini saya harapkan bisa menjadi petani masa kini dengan menggunakan unsur-unsur teknologi. Tetap semangat kepada seluruh peserta Jambore," serunya.

Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI Jakarta, Iwan Indriyanto menambahkan, dalam Jambore ini pihaknya memberi memberikan bantuan berupa 502 pohon. Dua pohon di antaranya merupakan pohon khas Jakarta, Alpukat Cipedak dan Duku Condet.

"Ratusan pohon ini ditanam para peserta Jambore di sekitar area Perkemahan Buperta Cibubur," terangnya.

Iwan menuturkan, Dinas KPKP DKI Jakarta juga memberikan suvenir kepada peserta Jambore yang datang ke booth berupa Alpukat Cipedak.

"Pemberian pohon ini juga menjadi sarana sosialisasi dan edukasi terkait tanaman khas di Jakarta. Saya berharap anggota Pramuka, khususnya di Saka Taruna Bumi bisa menjadi pelaku pertanian yang mumpuni," bebernya.

Sementara itu, salah seorang peserta Jambore asal Maluku, Ricky mengaku sangat senang bisa mengunjungi booth Dinas KPKP DKI Jakarta.

"Senang sekali, tadi dapat tambahan pengetahuan tentang tanaman. Terlebih, saya juga diberikan hadiah tanaman," tandasnya.

Perlu diketahui, booth Dinas KPKP juga mendapatkan dukungan dari Bank DKI dan Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk pemberian suvenir kepada peserta Jamnas yang berkunjung serta sarana maupun prasarana pendukung.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4335 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3689 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3518 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3499 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3461 personAnita Karyati