You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP DKI Resmikan Pembuatan Vertikal Garden Gedung Perkantoran
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Dinas KPKP DKI Resmikan Taman Vertikal di Gedung Perkantoran

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati meresmikan vertical garden atau taman vertikal dengan sistem pocket geotextile di lingkungan kantor Dinas KPKP DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

dalam rangka memberikan estetika atau keindahan serta menjaga kelestarian lingkungan

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pembuatan taman vertikal di gedung perkantoran merupakan amanat desain besar pertanian perkotaan.

"Pembuatan taman vertikal bertujuan menciptakan dinding gedung perkantoran di Jakarta bernuansa hijau dan indah dengan menggunakan sistem pot gantung sebagai tempat tanaman bertumbuh untuk menutupi dinding bangunan," ujar Suharini Eliawati, Jumat (19/8).

Kelurahan Kota Bambu Selatan Dipercantik Vertical Garden

Ia menjelaskan, taman vertikal memiliki sejumlah manfaat di antaranya mampu mengurangi suhu bangunan dan biaya  penggunaan Air Conditioner (AC) di gedung perkantoran dan mengurangi intensitas panas matahari, serta menawarkan insulasi akustik sambil menghasilkan oksigen (O2) dan efek penghijauan yang cantik di sekitar areal gedung perkantoran.

"Taman vertikal yang hijau, bertumbuh baik dan memiliki efek dekoratif menjadi berubah menyenangkan dan menginspirasi banyak orang," jelasnya.

Ia memaparkan, jenis tanaman yang ditanam pada vertikal garden dengan system pocket geotextile di gedung Dinas KPKP DKI Jakarta yakni philodendron kuning, adam hawa, dan philo burle max.

"Karpet geotextile digunakan sebagai media utama yang merupakan produksi pabrik yang diolah dari berbagai macam limbah pabrik garment menjadi kain tebal dengan tanpa ditenun (non woven). Karpet ini memiliki sifat tahan lama, tipis, ringan dan kuat, mampu menyimpan air untuk kebutuhan tanaman, seratnya memiliki rongga-rongga yang bisa menjadi tempat melekatnya akar tanaman," paparnya.

Ia berharap pembuatan taman vertikal yang telah diresmikan di lingkungan Dinas KPKP DKI Jakarta dapat memacu pengela gedung pemerintah dan swasta di ibu kota juga menerapkan konsep green building serupa.

"Konsep green building disosialisasikan agar warga Jakarta bertambah minat melakukan penghijauan di lingkungan sekitarnya dalam rangka memberikan estetika atau keindahan serta menjaga kelestarian lingkungan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4163 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3493 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3349 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3324 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3290 personAnita Karyati