You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Perumda Paljaya Pasang 66 Unit Biopal di Kampung Gembira Gembrong
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Perumda Paljaya Pasang 66 Biopal di Kampung Gembira Gembrong

Perumda Paljaya turut berkolaborasi dalam kegiatan revitalisasi Kampung Gembira Gembrong di Jalan Basuki Rachmat, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Paljaya berkontribusi dan berkolaborasi sesuai perannya dalam sanitasi

Manajer Sekretaris Perusahaan Perumda Paljaya, Saptanto mengatakan, dalam proyek ini, pihaknya akan memasang tangki septik modifikasi berupa 66 unit biopal agar air limbah domestik di setiap rumah terolah dengan baik.

Biopal tersebut berasal dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan swasta dan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur.

Penyintas Kebakaran Pasar Gembrong Dapat Bantuan Paket Sembako

“Paljaya berkontribusi dan berkolaborasi sesuai perannya dalam sanitasi dengan menyediakan tangki septik modifikasi buatan sendiri. Dengan kapasitas 1,1 meter kubik, satu unit biopal ini mampu mengolah air limbah yang dihasilkan lima jiwa,” ungkap Saptanto, Kamis (25/8).

Ia menjelaskan, saat ini revitalisasi Kampung Gembira Gembrong masih terus dilakukan lintas SKPD, BUMD maupun pihak swasta. Di antaranya Baznas Bazis Jakarta Timur, Perumda Paljaya, Perumda PAM Jaya dan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, termasuk Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT United Tractors.

Menurutnya, penataan kawasan Kampung Gembira Gembrong ini mencakup semua aspek, baik standar bangunan, pencahayaan alami, sirkulasi udara, drainase, ketersediaan air bersih hingga sanitasi.

“Pemasangan biopal dilakukan bertahap.  Saat ini sudah terpasang 17 dari total 66 unit. Karena pekerjaan revitalisasinya bersinggungan dengan SKPD lain, maka kita mempertimbangkan ketersediaan ruang material,” urai Saptanto.

Saptanto menyampaikan, setelah direvitalisasi, kawasan Kampung Gembira Gembrong bisa menjadi kampung percontohan. Mengingat pembangunan kampung ini mengusung konsep sungai sebagai halaman depan atau ‘water front city‘.

Selain permukiman warga, di lokasi juga akan dibangun ruang terbuka ramah anak hingga lanjut usia (lansia).

“Arah pembangunan kampung ini menghadirkan hunian yang layak huni, tertata dan sehat,” jelas Saptanto.

Saptanto menambahkan, seluruh pekerjaan revitalisasi Kampung Gembira Gembrong ditargetkan rampung pada akhir September 2022 dan rencananya diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Kawasan Kampung Gembira Gembrong mengusung konsep rumah sederhana yang sehat," tandasnya.

Perlu diketahui, Pemprov DKI Jakarta merevitalisasi permukiman warga terdampak kebakaran Pasar Gembrong, RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Revitalisasi kawasan Kampung Gembira Gembrong nyaris rampung. Tercatat, 117 unit hunian bagi warga telah terbangun dari total 136 unit hunian yang direncanakan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye8985 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7785 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6625 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6357 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6268 personAldi Geri Lumban Tobing