You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PAM JAYA PALJAYA Sepakati Pemanfaatan Sewa Lahan
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

PAM Jaya-Paljaya Sepakati Pemanfaatan Sewa Lahan Pengelolaan Air Limbah

Perumda Paljaya bersama Perumda PAM Jaya menandatangani nota kesepahaman tentang pemanfaatan sewa lahan milik PAM Jaya untuk pengelolaan air limbah melalui penyediaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan jaringan perpipaan yang akan melayani kawasan TB Simatupang.

IPAL juga didesain dengan tampilan yang menarik dan menerapkan prinsip bangunan hijau

Penandatanganan ini dilakukan langsung Direktur Utama Perumda Paljaya, Aris Supriyanto dan Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin di lokasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cilandak milik Perumda PAM Jaya yang sebagian lahannya akan disewa Perumda Paljaya sebagai lokasi IPAL.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, sinergi dan kolaborasi antara Perumda PAM Jaya dan Perumda Paljaya melalui nota kesepahaman ini merupakan bentuk dukungan terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Perumda Paljaya Pasang 66 Biopal di Kampung Gembira Gembrong

Khususnya dalam upaya pencegahan pencemaran lingkungan sekaligus juga peningkatan derajat kesehatan melalui penyediaan akses sanitasi aman serta berkontribusi dalam pemenuhan suplai air baku air minum.

“PAM Jaya mendukung dan membuka diri terhadap gagasan-gagasan positif yang dapat mendorong kemajuan Jakarta sebagai kota global. Terutama melalui ketersediaan akses air minum perpipaan serta sanitasi yang aman dan berkualitas,” ungkap Arief, Selasa (30/8).

Menurut Arief, kawasan TB Simatupang akan berkembang menjadi pusat bisnis baru seiring percepatan penyelesaian proyek-proyek infrastruktur di koridor tersebut.

Tingginya aktivitas bisnis di kawasan ini akan meningkatkan jumlah timbulan air limbah yang dihasilkan dan jika tidak diantisipasi kebutuhan pengolahannya, dapat menyebabkan penurunan kualitas lingkungan terutama air tanah dan sumber air permukaan.

IPAL yang akan dibangun di area seluas 2910 meter persegi di lokasi IPA Cilandak ini menggunakan teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) dengan kapasitas pengolahan air limbah sebesar 6.000 meter kubik per hari dan mampu melayani hingga 112.665 Populasi Ekuivalen (PE).

Pembangunan IPAL ini akan dimulai awal 2023 danterbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dengan kapasitas pengolahan 4.000 meter kubik per hari dan jaringan pipa air limbah sisi selatan. Tahap kedua dengan kapasitas pengolahan 2.000 meter kubik per hari dan jaringan pipa air limbah sisi utara.

Direktur Utama Perumda Paljaya, Aris Supriyanto berharap, selain mencegah pencemaran lingkungan, IPAL yang nantinya dibangun juga untuk memberi contoh solusi terhadap permasalahan yang kerap ditemui dalam penyediaan layanan pengelolaan air limbah.

“Solusi permasalahan di antaranya, menjawab tantangan keterbatasan lahan, kebutuhan akan kemudahan dan efisiensi operasional serta memastikan terjaminannya kualitas air hasil olahan atau effluent sesuai dengan baku mutu yang berlaku,” urai Aris.

Aris menambahkan, selain dapat dikembalikan dengan aman ke badan air (Kali Krukut), air hasil olahan lanjutan dari IPAL milik Paljaya juga diharapkan mampu dimanfaatkan sebagai alternatif penyediaan air baku bagi PAM Jaya ataupun dapat juga didistribusikan sebagai reclaimed water.

“IPAL juga didesain dengan tampilan yang menarik dan menerapkan prinsip bangunan hijau agar dapat mengubah pandangan khalayak ramai akan keberadaan IPAL, sehingga dapat menyatu dengan lingkungan sekitar,” kata Aris.

Nota kesepahaman ini diharapkan dapat menjadi langkah awal penggalian potensi kolaborasi lebih lanjut antara Perumda Paljaya dan Perumda PAM Jaya untuk mendukung pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) layanan publik bagi warga DKI Jakarta, khususnya untuk sektor air minum dan air limbah domestik sesuai aturan.

“Penyediaan air minum dan layanan pengelolaan air limbah bagian dari satu kesatuan siklus air yang tak terpisahkan dan saling mempengaruhi,” tandas Aris.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3996 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3317 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3163 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3159 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3126 personAnita Karyati