You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
600 Guru Ikuti ASEAN+1 Council of Teachers Convention Ke-36
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

600 Guru Ikuti ASEAN+1 Council of Teachers Convention ke-36

Sebanyak 600 guru dari negara-negara ASEAN dan berbagai wilayah Tanah Air, mengikuti rangkaian kegiatan ASEAN+1 Council of Teachers Convention ke-36. Kegiatan yang diadakan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, 2 hingga 4 September, dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sabtu (3/9).  

Memulai kolaborasi dengan sistem pendidikan internasional dan lokal

Dalam sambutannya Anies mengatakan, pandemi COVID-19 membawa tantangan besar bagi dunia pendidikan. Sehingga, institusi pendidikan, siswa, dan orang tua harus cepat beradaptasi dengan penggunaan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh dan lingkungan belajar online.

Selain sebagai alat, lanjut Anies, teknologi dapat menjadi jalan keluar untuk memecahkan masalah utama dalam sistem pendidikan, seperti akses, kualitas dan keadilan sosial.

Pemprov Gelar Seminar Publik Masa Depan Pemberdayaan Kampung Kota di Jakarta

"Kami percaya guru sebagai fasilitator proses pembelajaran, memiliki banyak pilihan untuk merancang dan menerapkan model pembelajaran yang berbeda di kelas mereka, baik kelas fisik maupun virtual," katanya.

Anies berharap, melalui Konvensi ACT+1 ke-36 ini seluruh anggota dan peserta dapat saling sharing dalam meningkatkan layanan pendidikan di negara dan wilayah masing-masing.

"Semoga diskusi ini akan menginspirasi institusi kami untuk memulai kolaborasi dengan sistem pendidikan internasional dan lokal, yang memainkan peran integral dalam membentuk tenaga kerja masa depan," ungkapnya.

Sementara, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi menjelaskan, kegiatan ini mengusung tema Pulih dari Pandemi: Merancang Pendidikan Pasca Pandemi di Dunia yang Menyatu dengan Tekhnologi Digital (Recovering from the Pandemic: Designing Post Pandemic Education in Digitally Infused World).

"Tema ini dipilih karena para pendidik sangat menyadari dampak pandemi COVID-19 terhadap dunia pendidikan," kata Unifah.

Kegiatan ini, lanjut Unifah, diikuti sekitar 300 guru dari Korea Selatan dan negara-negara ASEAN (Malaysia, Singapura, Thailand, Filiphina, Vietnam dan Brunei Darussalam) serta 300 guru dari Indonesia.

"Indonesia seharusnya menjadi tuan rumah ACT+1 Convention ke-36 pada 2020. Namun karena merebaknya pandemi Covid-19, namun baru bisa diselenggarakan tahun ini," jelasnya.

Disampaikan Unifah, ASEAN+1 Council of Teachers (ACT) merupakan perkumpulan organisasi guru di kawasan Asia Tenggara yang pembentukannya diprakarsai Indonesia pada 1978.

Menurut Unifah, pertemuan ACT ini diselenggarakan setiap tahun dengan tuan rumah bergiliran di antara para anggotanya untuk pertukaran pengetahuan dan pengalaman soal penyelenggaraan pendidikan.

"Pada 2012 organisasi guru Korea Selatan bergabung, sehingga perkumpulan ini bernama ACT+1," ungkapnya.

Sebagai salah satu organisasi profesi guru di Asia dan Dunia, lanjut Unifah, ACT+1  berusaha memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas guru dan pendidikan, baik dalam level nasional maupun internasional

"Didalam kegiatan ini nantinya semua organisasi guru dan peserta konferensi akan menyampaikan pengalaman dan sumbangan pemikirannya untuk kemajuan pendidikan. Diharapkan kolaborasi ini meningkatkan kerjasama anggota ACT+1 dalam bidang pendidikan khususnya guru," tuturnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3771 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3349 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2801 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2746 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2675 personFolmer