You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jakut Berdayakan Kelompok Budidaya Ikan Rorotan
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Pemkot Jakut Bina 16 Kelompok Budidaya Ikan

Untuk meningkatkan hasil perikanan di Jakarta Utara, Pemkot Adminitrasi Jakarta Utara membina 16 Kelompok Budidaya Ikan Konsumsi di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Selain melakukan pendampingan dari hulu hingga hilir, Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Utara juga memberi bantuan 30 ribu bibit ikan dan 4 pasang induk ikan lele sebagai stimulan bagi peternak.

Kita berharap bantuan ini dapat kembali menyemangati peternak. Mereka pun harus terus didampingi dan didukung dengan progam yang tepat sasaran

Bantuan ini cukup menggembirakan bagi pembudidaya ikan. Sebab, sebelumnya, kelompok ini sempat mengalami vakum. Stagnasi kegiatan usaha ini akibat ikan para peternak habis terbawa banjir pada Januari dan Februari 2015 lalu. Saat itu, sebagian besar wilayah Kelurahan Rorotan, termasuk kolam empang terkena banjir yang mencapai ketinggian 50 sentimeter.

"Kita berharap bantuan ini dapat kembali menyemangati peternak. Mereka pun harus terus didampingi dan didukung dengan progam yang tepat sasaran," ujar Rustam Effendi, Walikota Jakarta Utara, Rabu (27/5).

Warga Rusun Marunda Kembangkan Budidaya Lele

Sementara itu, Kasudin KPKP Jakarta Utara, Una Rusmana menambahkan, selain penyerahan bibit dan induk ikan lele, pihaknya memberikan bantuan kepada Gabungan Kelompok Tani Rorotan, Kelompok Wanita Tani Rorotan, perwakilan SMPN 200 Rorotan serta warga sekitar wilayah Rorotan. Kepada mereka diberikan bantuan berupa 40 kilogram benih padi, puluhan bibit sayuran, 500 polybag toga, 20 pohon produktif, dan 20 paket EM4 (desinfektan dan deterjen).

"Untuk kelompok peternak, kita akan lakukan pembinaan dari hulu hingga hilir. Dari bibit hingga penjualan akan kita dampingi," ucapnya.

Dikatakan Una, pendampingan yang dilakukan termasuk melatih peternak menjaga kualitas air, memilih pakan, mengolah hingga menjual hasil ternak. Dengan demikian, diharap nantinya petani dapat berkembang dan mampu mengelola usahanya secara mandiri.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito