You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 200 Melon Dipanen di Rooftop Kantor Wali Kota Jaktim
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

200 Melon Dipanen di Rooftop Kantor Wali Kota Jaktim

Sebanyak 200 buah Melon jenis Golden Alisa.dipanen di rooftop gedung parkir kantor wali kota Jakarta Timur, Selasa (20/9). Panen perdana ini dipimpin Sekretaris Kota Jakarta Timur, Freddy Setiawan.

Jumlah buah Melon yang dipanen mencapai 200 buah

Sejumlah pejabat Pemkot Jaktim juga ikut kegiatan ini, di antaranya Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, Ali Nurdin, Asisten Pemerintahan Eka Darmawan, Asisten Kesra Ahmad Salahudin, Kasudin PPKUKM Parulian Tampubolon, serta para camat dan lurah.

Yang menarik, usai panen para pejabat ini wajib membayar secara non tunia langsung melalui aplikasi QRis Bank DKI. Uang pembayaran langsung masuk ke rekening Sudin KPKP Jakarta Timur.

600 Pelajar Ikuti Sosialisasi Gemarikan di Jaktim

Menurut Freddy Setiawan, pohon Melon yang dipanen ini ditanam pada polybag ukuran besar dan dikelola Sudin KPKP bersama kader TP PKK Jakarta Timur. Dia berharap, ini bisa jadi contoh bagi pengelola kantor pemerintahan, pihak swasta, hingga kantor RW untuk memanfaatkan lahan kosong dengan aktivitas urban farming.

"Kita memanfaatkan rooftop yang gersang untuk urban farming dengan menanam berbagai macam tanaman produktif," bebernya.

Kasudin KPKP Jakarta Timur, Ali Nurdin menambahkan, proses penamaman hingga panen buah Melon di rooftop ini kurang lebih 65 sampai 71 hari. Hasil panen dijual melalui aplikasi QRis Bank DKI dengan harga untuk grade A Rp 30 ribu per kilogram, grade B Rp 25 ribu per kilogram dan grade C Rp 20 ribu per kilogram.

"Jumlah buah Melon yang dipanen mencapai 200 buah. Hasil panen langsung dijual ke pegawai yang hadir dan ikut memetiknya. Ke depan diharapkan hasil panennya bisa mencapai 400 atau 500 buah melon," beber Ali.

Disebutkan, sejauh ini baru di kantor wali kota yang rooftop-nya dijadikan area urban farming. Lahan ini sudah dikunjungi 10 kecamatan untuk dijadikan studi banding.

"Diharapkan masing-masing kantor kecamatan dan kelurahan bisa memanfaatkan rooftop untuk urban farming. Selain untuk ajang edukasi juga pelatihan bagi warga," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7997 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6805 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6536 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6509 personAldi Geri Lumban Tobing