You don't have javascript enabled. Good luck with that.
-->
Pencarian
Puluhan Murid Paud Diajarkan Bertanam Hidroponik di Balkot Farm
....
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

15 Murid PAUD Diajarkan Bertanam Hidroponik di Balkot Farm

Sebanyak 15 murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, diajarkan menanam sayuran dengan media hidroponik di Balkot Farm, Kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (28/9). Kegiatan ini bagian dari rangkaian menanam serentak yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.

Kami ingin mengenalkan bertanamam itu bisa di mana saja serta dilakukan siapa saja.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP, Mujiati mengatakan, gerakan menanam bersama ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan di Jakarta. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan menanam di ruang-ruang yang tersedia, seperti halaman rumah maupun di rooftop.

"Kami ingin mengenalkan bertanamam itu bisa di mana saja serta dilakukan siapa saja. Hari ini kita mengenalkan kepada anak usia dini, agar mereka paham asal pangan yang mereka konsumsi sehari-hari," kata Mujiati.

Gerakan Menanam se-DKI Digelar Besok, Buruan Daftar!

Selain untuk menjaga ketahanan pangan, ucap Mujiati, kegiatan menanam serentak ini untuk melestarikan lingkungan. Dia berharap, kegiatan urban farming di Jakarta bisa terus berkembang dan masyarakat juga sadar akan kebutuhan pangan. Ssehingga ketergantungan pasokan pangan dari daerah lain dapat berkurang.

"Alhamdulilah antusias anak-anak hari ini sangat bagus, mereka senang. Mereka tidak hanya bermain, tetapi di sini mereka mendapatkan edukasi teknologi menanam dengan hidroponik," tuturnya.

Kepala Sekolah PAUD Intan Petukangan Utara,Norma Santi, mengucapkam terima atas udangan Dinas KPKP DKI Jakarta dan Poktan Balkot Farm yang telah mengajak dan mengedukasi anak didiknya dalam pertanian perkotaan.

"Banyak kegiatan yang diikuti anak-anak di sini. Mulai dari pembenihan, hingga mereka menanam langsung diinstalasi hidroponik. Semoga dari sini mereka dapat pengalaman baru dan bisa praktikan di rumah masing-masing," ujarnya.

Sementara, Tridayanti (33) orang tua salah satu murid PAUD Intan mengaku, mendapat pengalaman dan wawasan baru tentang teknik menanam sistem hidroponik setelah mengikuti kegiatan di Balkot Farm ini. Dia berharap, anak-anak lebih paham cara menanam yang baik dan mengenal berbagai jenis bibit tanaman.

"Saya juga sudah membiasakan anak saya untuk bercocok tanam saat di rumah," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 30 Anak Penyintas Gempa Cianjur Ikut Layanan Dukungan Psikososial

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1835 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. PAM Jaya Kirim Bantuan ke Cianjur

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1772 personYudha Peta Ogara
  3. HUT ke-51 KORPRI, Sekda Minta ASN DKI Terus Beri Layanan Terbaik

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1750 personTP Moan Simanjuntak
  4. Lurah-Camat di Jaksel Diminta Aktifkan Posko Siaga Bencana

    access_time23-11-2022 remove_red_eye1747 personTP Moan Simanjuntak
  5. Kelompok Budi Daya Rumput Laut Pulau Panggang Terima Paket Bantuan

    access_time23-11-2022 remove_red_eye1702 personBudhi Firmansyah Surapati