You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Fase Pertama Waduk Kelapa Gading Rampung Rampung Dalam 3 Bulan
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Pembangunan Waduk Kelapa Gading Dikebut

Untuk menanggulangi banjir yang kerap menghantui, Pemprov DKI Jakarta mengebut pembangunan sejumlah sejumlah waduk. Salah satunya Waduk Kelapa Gading yang berlokasi di Jalan Boulevard Artha Gading di RW 13, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Berbeda dengan Waduk Pluit, kalau Waduk Kelapa Gading ini konsepnya murni sebagai tampungan air

Untuk tahap awal, Dinas Tata Air DKI Jakarta akan mulai mengeruk lahan seluas 1,8 hektare dengan kedalaman 4-5 meter. Diprediksi pengerukan ini dapat diselesaikan dalam tempo tiga bulan.

Waduk yang nantinya berfungsi sebagai tempat penampungan air sebelum dialirkan ke Kali Sunter menuju laut ini berdiri di atas lahan milik Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan total luas 3,8 hektare.

PAM Jaya Akan Bangun Tandon di Waduk Pluit

Pembuatan waduk itu sendiri mempunyai kendala. lantaran masih banyaknya bangunan rumah warga yang berdiri di atas lahan tersebut.

Kepala Bidang Sungai dan Pantai Sistem Aliran Timur Dinas Tata Air DKI,  Monang Ritonga mengatakan, lahan mi‎lik BPN yang akan dibuat waduk tersebut sifatnya pinjam pakai kepada Pemprov DKI. Diharapkan keberadaan waduk tersebut akan mengatasi persoalan banjir di wilayah Kelapa Gading saat terjadi curah hujan tinggi seperti pada Januari dan Februari 2015 lalu.

"Berbeda dengan Waduk Pluit, kalau Waduk Kelapa Gading ini konsepnya murni sebagai tampungan air. Saat curah hujan tinggi, air limpasan dialirkan ke waduk sebelum dibuang ke laut melalui Kali Sunter," ujar Monang, Kamis (4/6).

Sementara itu, Kepala UP Peralatan dan Perbekalan Dinas PU Tata Air DKI, Aris Komaris Nandika menambahkan, pihaknya menerjunkan sebanyak empat unit eskavator ampihibi untuk melakukan pengerjaan pengerukan. Sebagai tahap awal, pihaknya menggarap lahan seluas 1,8 hektare dari total luas lahan 3,8 hektare.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1369 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1265 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1224 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1106 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye845 personFolmer