You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Heru Terus Pantau Perkembangan Kasus Gagal Ginjal Akut Atipikal pada Anak
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Heru Terus Pantau Perkembangan Kasus Gagal Ginjal Akut Atipikal

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono hingga kini terus memantau perkembangan kasus gagal ginjal akut atipikal pada sejumlah anak di DKI Jakarta.

Saya diskusi dengan ibu kepala dinas, saya ikutin terus

Heru mengaku telah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti terkait aksi-aksi penanganan kasus ini sesuai rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Saya diskusi dengan ibu kepala dinas, saya ikutin terus. Sudah ada aksi-aksi untuk itu sesuai dengan perintah dari Kemenkes pada Dinkes,” ungkap Heru, Kamis (20/10).

Ini Harapan Warga Terkait Normalisasi Kali Pulo di Jati Padang

Ia meminta warga agar tidak khawatir, namun tetap harus waspada. Pemprov DKI Jakarta memastikan terus memberikan perhatian khusus pada kasus gagal ginjal akut atipikal pada anak ini.

“Ibu kepala dinas saya minta dua hari lalu untuk melakukan aksi-aksi cepat analisa dan lain-lain. Untuk warga tidak mampu, ada BPJS akan kita perhatikan, salah satu poinnya itu. Mudah-mudahan tidak bertambah,” tandasnya.

Perlu diketahui, gangguan ginjal akut (Acute Kidney Injury) merupakan penurunan cepat dan tiba-tiba pada fungsi ginjal seseorang. Dinkes DKI Jakarta telah menemukan 71 kasus gangguan ginjal akut atipikal pada anak berusia 0-18 tahun di fasilitas kesehatan DKI Jakarta sejak Januari hingga 19 Oktober 2022.

Kemenkes RI pada  19 Oktober 2022 mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada Anak.

Surat Edaran tersebut berisi untuk tidak memberikan dan menjual obat atau vitamin apapun dalam bentuk sirup baik untuk anak dan dewasa sampai ada pengumuman resmi lebih lanjut dari Kementerian Kesehatan RI atau BPOM.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye6585 personNurito
  2. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3845 personTiyo Surya Sakti
  3. PT JIEP Bakal Bangun Masjid, Salah Satu yang Terbesar di Jakarta Timur

    access_time03-05-2024 remove_red_eye2999 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye2978 personNurito
  5. Yuk, Nobar Timnas versus Irak di Monas

    access_time02-05-2024 remove_red_eye2923 personBudhi Firmansyah Surapati