You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sambut ASO, KPID Jakarta Gelar Broadcasting Expo 2022
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Sambut ASO, KPID Jakarta Gelar Broadcasting Expo 2022

Dalam rangka menyambut era digitalisasi penyiaran, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Broadcasting Expo (JBeX) 2022. Acara akan dilaksanakan 9-10 November 2022 di gedung Bali Kota DKI Jakarta. Kegiatan ini mengambil tema Sinergi Kolaborasi Insan Penyiaran Wujudkan Penyiaran Berkualitas Era Digitalisasi Penyiaran.

Saat ini kita memasuki era digitalisasi penyiaran ditandai dengan ASO hari ini

Wakil Ketua KPID Provinsi DKI Jakarta, Rizky Wahyuni mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat tentang digitalisasi penyiaran, terutama televisi-televisi di Indonesia dan Jakarta pada khususnya.

"Saat ini kita memasuki era digitalisasi penyiaran ditandai dengan ASO hari ini. Untuk itu kami mengadakan kegiatan JBeX di mana salah satu tujuannya adalah memberikan informasi yang cukup kepada masyarakat terkait digitalisasi penyiaran. Karena biasanya jika kita bicara digital, masyarakat tahunya digital internet saja," ujar Rizky Wahyuni dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/11).

Penghentian Siaran Televisi Analog Jabodetabek Ditunda

Pihaknya, sambung Rizky, akan memperkenalkan televisi-televisi digital baru kepada masyarakat selain televisi yang sudah established dikenal masyarakat selama ini. Rizky sebagai PIC kegiatan JBeX yang juga membidangi pengawasan isi siaran di KPID Provinsi DKI Jakarta mengatakan, market size penyiaran di Jabotabek merupakan terbesar di seluruh Indonesia.

Salah satu kunci penting jalannya digitalisasi ditandai dengan ASO adalah proses penghentian di kota-kota besar seperti di Jabotabek ini. Ia menjelaskan, jika ASO di Jabodetabek dilaksanakan dengan baik, akan memberikan implikasi besar pada industri broadcast nasional.

JBeX ini dilaksanakan oleh KPID Provinsi DKI Jakarta tahun 2022 bekerja sama dengan stakeholders penyiaran bersama mewujudkan masyarakat peduli penyiaran DKI Jakarta. JBeX terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya Pameran Penyiaran, Deklarasi Masyarakat Peduli Penyiaran, Training of Training Penyuluh Penyiaran, Seminar dan Literasi Penyiaran, Choaching dan Lomba Presenter, Cerdas Cerdas Cermat P3SPS (Pedoman Prilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran) serta panggung hiburan.

"Semua program acara di JBeX kami rancang untuk memperkuat era digitalisasi saat ini. Mulai dari komitmen kepedulian terhadap penyiaran oleh pemerintah, penguatan kapasitas masyarakat melalui literasi, penguatan pemahaman peraturan oleh Lembaga Penyiaran dan mempersiapkan kualitas SDM penyiaran melalui choaching dan lomba presenter yang kami adakan. Semoga dapat didukung dan acara berjalan dengan lancar," tandasnya.

Sekadar diketahui, digitalisasi penyiaran akan ditandai dengan penghentian siaran TV analog atau ASO (Analog Switch Off) untuk selanjutnya beralih ke siaran TV digital. Batas akhir sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yakni 2 November 2022.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5872 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4625 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3281 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3243 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3118 personFolmer