You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Heru Tanda Tangani Kesepakatan Pencegahan Bersama Masalah Kejahatan Jalanan
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Heru Tandatangani Kesepakatan Pencegahan Bersama Masalah Kejahatan Jalanan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran dan Panglima Kodam Jaya, Mayjen Untung Budiharto menandatangani Kesepakatan Pencegahan Bersama Masalah Kejahatan Jalanan di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya.

Tawuran, begal, geng motor ini menjadi perhatian kita

Kesepakatan tersebut juga ditandatangani Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin; Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana; Aster Kasdam Jaya, Stefie Jantje Nuhujanan; Dirbinmas Polda Metro Jaya, Badya Wijaya; Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari; Kepala Bapas Kelas I Wilayah Jakarta Barat, Sri Susilarti; Ketua KPAI, Susanto dan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar.

Penandatanganan ini merupakan bentuk penguatan sinergisitas segenap pemangku kepentingan dan potensi masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kejahatan jalanan sesuai dengan tupoksinya di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Heru Apresiasi Peresmian Gedung K9 Polda Metro Jaya

Pada kesempatan itu, Fadil Imran mengatakan, kejahatan jalanan menjadi persoalan di Ibu Kota Negara dan kota-kota besar di Indonesia.

Perspektif tentang kejahatan jalanan di DKI Jakarta sekarang ini dinilai dibagi menjadi beberapa klaster yang terdiri dari kenakalan remaja, penyakit masyarakat dan kelompok kejahatan.

“Tawuran, begal, geng motor ini menjadi perhatian kita dan pelakunya rata-rata anak. Banyak tawuran dan geng motor ini masuk kategori kenakalan remaja dan penyakit masyarakat,” ungkap Fadil, Kamis (17/11).

Fadil menjelaskan, kejahatan jalanan tidak pernah hilang, justru makin variatif. Pihaknya pun menilai jika hanya berorientasi pada penegakan hukum, kejahatan jalanan tidak akan selesai. Di era saat ini diperlukan pendekatan modern policing dengan pendekatan pencegahan.

“Ada fakta, kalau kita guyub dan rukun masalah ini bisa selesai. Keberhasilan ini semua harus dengan kebersamaan. Kita perlu bekerja dan bergerak bersama menghadapi penyakit masyarakat dan kenakalan remaja ini,” serunya.

Bersamaan dengan penandatanganan Kesepakatan Pencegahan Bersama Masalah Kejahatan Jalanan di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya, juga diluncurkan aplikasi Ada Polisi. Meski demikian, Fadil menekankan tidak semua masalah dapat diselesaikan hanya dengan digitalisasi.

“Kami juga telah meluncurkan aplikasi Ada Polisi untuk menghadapi masalah ini. Digital bukan jalan pintas, namun sarana untuk mempermudah kita mencapai sebuah tujuan tanpa melupakan interaksi,” tandas Fadil.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12403 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye5152 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4294 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3954 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3944 personTiyo Surya Sakti