You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Ibukota se ASEAN 2023
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Jakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Ibu Kota se-ASEAN 2023

Jakarta resmi ditetapkan menjadi tuan rumah Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital (MGMAC) 2023. Keputusan ini berdasarkan hasil kegiatan MGMAC 2022 di Phnom Penh, Kerajaan Kamboja, Jumat (2/12).

Dengan bekerja sama dalam kerangka ASEAN

Sekadar diketahui kegiatan MGMAC 2022 merupakan pertemuan gubernur dan wali kota dari ibu kota-ibu kota negara-negara ASEAN.

Pertemuan MGMAC tahun ini dilaksanakan dalam rangkaian acara ASEAN Mayors Forum (AMF 2022), yang dihadiri oleh gubernur, wali kota, dan kepala-kepala daerah dari pemerintah daerah di seluruh wilayah ASEAN.

AMF ke-5 Bakal Tekankan Pentingnya Pertumbuhan Inklusif Berkelanjutan

Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta,  Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) Setda Provinsi DKI Jakarta, Marulina Dewi saat membuka sesi Mayor's Discussion MGMAC 2022 memaparkan, transformasi Jakarta dalam bidang transportasi, pelayanan publik dan kota digital.

Serta, menyatakan komitmen dalam menciptakan perubahan untuk mendukung kolaborasi pemerintah lokal dalam membangun visi ASEAN Connectivity dan kesiapan Jakarta untuk menyambut dan menjadi mitra kolaborasi bagi pemerintah-pemerintah daerah di ASEAN.

“Dengan bekerja sama dalam kerangka ASEAN, Pemprov DKI ingin terus berbenah untuk mewujudkan visi yang berkelanjutan dan layak huni," ujar Marulina Dewi, dalam keterangan tertulis, Senin (5/12).

Sebagai Kota Kolaborasi, lanjut Marulina, Jakarta menyambut inisiatif kerja sama dari mitra lokal dan internasional untuk mengembangkan kota sebagai tempat tinggal yang lebih baik.

"Pemprov DKI Jakarta juga mendukung terlaksananya pertukaran pengetahuan, pengalaman, serta praktik pengembangan, baik dalam pembangunan perkotaan di antara ibu kota ASEAN," paparnya.

Marulina Dewi juga menerima penyerahan tuan rumah MGMAC 2023 dari Gubernur Phnom Penh, selaku tuan rumah tahun MGMAC 2022.

Pada kesempatan tersebut, Marulina Dewi menyampaikan bahwa Provinsi DKI Jakarta mengundang para gubernur, wali kota, serta pemimpin daerah di ASEAN untuk berpartisipasi pada MGMAC 2023 di Jakarta.

MGMAC dirintis oleh Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013. MGMAC adalah wadah bagi para pemimpin ibu kota negara-negara ASEAN untuk mendiskusikan gagasan dan praktik pengembangan, serta sebagai mekanisme untuk memperkuat kolaborasi di antara kota-kota tersebut.

Pada tahun ini, MGMAC diketuai oleh Gubernur Phnom Penh Khuong Sreng (Kamboja), dan dihadiri oleh sejumlah gubernur, wali kota, serta pejabat tinggi, di antaranya adalah Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt (Thailand), Wali Kota Nay Pyi Taw, Tin Oo Lwin (Myanmar), Direktur Urusan Komunitas Sekretariat ASEAN Lee Yoong Yoong, dan Sekretaris Jenderal UCLG-ASPAC, Bernadia Irawati Tjandradewi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12003 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4738 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3823 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3538 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3501 personTiyo Surya Sakti