You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wali Kota Jakpus Buka Bimtek Pengembangan Urban Farming
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Dhany Sukma Berharap Warga Manfaatkan Budi Daya Tanaman Hidroponik

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma membuka kegiatan bimbingan teknis  (bimtek) pengembangan urban farming yang digelar di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Menanam sayur mayur tidak harus di tanah

Dikatakan Dhany Sukma, Jakarta Pusat merupakan pusatnya Jakarta yang pertumbuhan pembangunannya pesat sehingga area terbuka publik terbatas. Namun, minimnya ketersediaan lahan tidak menyurutkan Pemkot Jakpus mencari ruang untuk melakukan aktivitas yang menunjang ketahanan pangan.

"Menanam sayur mayur tidak harus di tanah, tapi bisa juga di rak. Kami berharap warga di lingkungan RT dan RW memanfaatkan metode budi daya hidroponik sehingga semua dapat menikmati hasil," ujar Dhany Sukma, Rabu (7/12).

20 Perwakilan Poktan Disosialisasikan Persiapan Sensus Pertanian

Dhany juga menyampaikan terima kasih kepada PT Hydrofarm Indonesia yang bersinergi dengan Sudin KPKP Jakarta Pusat untuk menggelar pelatihan pengembangan urban farming, penyerahan bantuan rak hidroponik dan siap membeli hasil panen sayur dari warga.

"Untuk itu, warga dapat mengusulkan pengadaan rak hidroponik saat Musrenbang. Ini peluang usaha yang bagus untuk peningkatan kesejahteraan warga," tuturnya.

Kepala Sudin KPKP Kota Jakarta Pusat, Penty Yunesi mengungkapkan, bimtek digelar dalam rangka pengembangan pertanian perkotaan atau urban farming di delapan kecamatan.

"Sebanyak 40 rak hidroponik beserta sarana dan benih juga diserahkan kepada tokoh masyarakat di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat untuk dikembangkan menjadi sentra baru urban farming," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Kota Jakarta Pusat saat ini memiliki sebanyak 148 titik urban farming yang tersebar di delapan kecamatan.

"Program urban farming bertujuan menjamin dan meningkatkan ketahanan pangan serta memiliki kemandirian pangan di Jakarta Pusat," jelasnya.

Presiden Direktur PT Hydrofarm Indonesia, Wirawan Hartawan menambahkan, kolaborasi ini untuk memperkuat ketahanan pangan di masa mendatang melalui metode hidroponik.

"Kami siap membimbing warga dan menerima hasil panen sayur mayur hidroponik untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12154 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4895 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4001 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3699 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3683 personTiyo Surya Sakti