You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Berupaya Tingkatkan Kualitas Penanganan Aduan Warga
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

DKI Berupaya Tingkatkan Kualitas Penanganan Aduan Warga

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen menindaklanjuti laporan atau aduan masyarakat terkait permasalahan di lapangan secara tuntas melalui sistem bernama Cepat Respon Masyarakat (CRM).

By system kita sudah siapkan namanya CRM.

CRM merupakan sistem terintegrasi berbentuk aplikasi mobile dan web yang dapat digunakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DKI. Termasuk aparatur di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk menindaklanjuti laporan warga secara lebih efisien.

Aplikasi CRM menaungi 13 kanal pengaduan resmi milik Pemprov DKI Jakarta yang selama ini sudah berjalan. Melalui CRM, pengaduan warga langsung didistribusikan ke instansi terkait, sehingga masalah bisa cepat terselesaikan.

Delegasi Transparency International Kamboja Belajar Layanan Publik Digital ke DKI

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Raides Aryanto mengatakan, CRM membuat waktu koordinasi dan penyelesaian masalah menjadi lebih efisien dengan hasil yang efektif.

Dinas Kominfotik DKI Jakarta melalui BLUD Jakarta Smart City bersama Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setda DKI Jakarta terus mengukur tingkat ketuntasan laporan atau aduan yang diterima untuk menjaga kualitas layanan kepada warga.

By system kita sudah siapkan namanya CRM. Yang perlu kita lakukan sekarang bagaimana aduan atau laporan masyarakat itu cepat direspon dan ditindaklanjuti sampai tuntas. Ini menyangkut kepentingan publik. Bukan warga yang mengadu saja, tapi untuk masyarakat lainnya,” ungkap Raides, Rabu (7/12).

Kepala BLUD Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha menjelaskan, kualitas ketuntasan aduan terus ditingkatkan karena secara sistem CRM hanya menerima laporan sebelum dan sesudah (before-after) yang berbasis foto. Hal itu perlu validasi faktual untuk memastikan permasalahan di lapangan ditangani secara tuntas.

“Memang ada beberapa PR yang harus kita selesaikan dari segi ketuntasan dan kualitas tindak lanjut. Banyaknya aduan ini dan tim yang tersedia di lapangan ini menjadi tantangan,“ terangnya.

Yudhistira menambahkan, saat ini, CRM dibangun dengan sistem yang mengalami perbaikan dan penambahan fitur validasi serta verifikasi. Fitur ini hadir untuk meninjau ulang kerja tindak lanjut para petugas di lokasi permasalahan sampai benar-benar tuntas sesuai dengan yang diharapkan warga pelapor.

Kehadiran CRM dipastikan dapat memberikan manfaat bagi warga Jakarta guna meyakinkan permasalahan yang diadukan ditindaklanjuti dengan sebaik-baiknya. Hal ini juga sebagai bukti transparansi OPD dalam menyelesaikan laporan melalui sistem pelacakan di kanal pengaduan warga.

“Kita akan memonitor kemungkinan yang mungkin bisa disalahgunakan sekaligus mengukur kualitas ketuntasan. Kita harus memastikan di lapangan itu benar-benar selesai atau tidak,” tandas Yudhistira.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Kembali Raih Penghargaan dari Kemendag

    access_time18-11-2024 remove_red_eye3737 personFolmer
  2. Pj Gubernur Teguh Pastikan Jakarta Aman, Stabil dan Terkendali

    access_time20-11-2024 remove_red_eye985 personFolmer
  3. Buka 35.000 Lowongan Kerja, Pj Gubernur Teguh Resmikan Jaknaker Expo 2024

    access_time21-11-2024 remove_red_eye948 personFolmer
  4. Dinsos DKI Luncurkan SiPending Emas Mobile

    access_time18-11-2024 remove_red_eye881 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Hujan Ringan Basahi Sebagian Jakarta Saat Siang Jelang Sore

    access_time18-11-2024 remove_red_eye836 personTiyo Surya Sakti