You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Bukan Badai
....
photo doc - Beritajakarta.id

BMKG: Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Bukan Badai

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, cuaca ekstrem pada hari ini hingga sepekan ke depan di wilayah Jabodetabek bukan badai.

Hujan intensitas sangat lebat berpotensi terjadi di Jabodetabek 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyatakan, berdasarkan prakiraan cuaca hari ini di wilayah Jabodetabek berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat, namun bukan badai.Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan terus memperbaharui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG

"Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, pada hari ini umumnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," katanya, Rabu (28/12).

Waspadai Cuaca Ekstrem, Pemprov DKI Jakarta Imbau Perusahaan Sesuaikan Kebijakan Bekerja Dari Rumah

Meski tak ada badai, namun Guswanto memgimbau warga untuk tetap mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini, yaitu adanya bencana hidrometeorologi.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek hingga awal Januari 2023 nanti.

"Peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada 30 Desember mendatang," ungkapnya.

Dijelaskan Fachri, potensi hujan ekstrem hingga badai dahsyat terjadi pada 28 Desember, membuat sejumlah masyarakat khawatir akan bencana tersebut. Padahal, istilah ini disebutkan agar masyarakat memiliki pandangan yang sama soal terminologi tersebut.

"Badai menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot,” terangnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3015 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2939 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2923 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2879 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2682 personAldi Geri Lumban Tobing