You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
taman
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Saat Warga Nikmati Libur Akhir Pekan di Taman Ranggon Wijaya Kusuma

Taman Ranggon Wijaya Kusuma di Jalan Raya Cilangkap Baru, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, dimanfaatkan warga untuk mengisi liburan akhir pekan, Minggu (15/1).

Kami imbau warga turut merawat dan menjaga taman ini agar bersih

Pantauan Beritajakarta.id, di taman seluas 1,8 hektare ini warga  yang terdiri dari balita, remaja dan lansia tampak melakukan berbagai aktivitas, baik secara pribadi maupun berkelompok. Mulai dari senam aerobik, senam kesegaran jasmani, olahraga bela diri taekwondo, joging, bermain bola, bulutangkis dan sebagainya.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin mengatakan, taman ini setiap hari dikunjungi warga karena lokasinya strategis dan aksesnya mudah dijangkau dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Antisipasi Genangan, Saluran Air di Cipayung Diarahkan ke Waduk

Selain itu, lanjut Djauhar, taman ini juga memiliki banyak fasilitas seperti wall climbing, rumah pohon, outdoor gym, children playground (CPG), area parkir kendaraan, toilet. Kemudian lapangan multi fungsi serta area jogging track.

"Kami imbau warga turut merawat dan menjaga taman ini agar bersih. Tidak membuang sampah sembarangan. Karena ini untuk kepentingan bersama," tukas Djauhar.

Kasi Pertamanan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Muhammad Ali menambahkan, taman ini dibangun pada 2019 lalu dengan anggaran sekitar Rp 3 miliar. Taman ini sempat ditutup saat masa pandemi COVID-19. Namun kini telah dibuka kembali dan dimanfaatkan warga secara gratis semua fasilitas yang ada di taman ini.

"Setiap hari taman dijaga oleh tiga petugas keamanan dalam (Pamdal). Mereka dibantu sembilan Satgas Pertamanan untuk merawat tanaman dan membersihkan sampah," tukas Ali.

Menurutnya, jenis tanaman yang baru ditanam di taman ini adalah Tabebuya. Sebelumnya sudah ada tanaman jenis lainnya. Seperti pohon Mahoni, Jati, Sengon, Rambutan. Kemudian ada tanaman hias jenis Lili Paris, Pakis Kelabang, Palem Kol, Marantha, Alang Alang Merah dan jenis lainnya.

"Semua pohon ini dirawat dan dijaga sehingga area taman tetap hijau dan rindang. Ini membuat warga merasakan aman dan nyaman saat berada di taman. Mereka juga bisa berlama-lama untuk menikmati suasana di taman ini," bebernya.

Suhartini (35), salah seorang warga Cilangkap menuturkan, setiap hari Minggu dirinya rutin melakukan senam bersama di taman ini. Menurutnya, suasana taman yang rimbun dan bebas dari pedagang membuat dirinya merasa nyaman melakukan aktivitas.

"Banyak pohon rindang dan rumputnya tumbuh subur. Sehingga membuat suana menjadi teduh dan sejuk. Kita bisa betah untuk berlama-lama di area taman ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3838 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3418 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2877 personFolmer
  4. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye2875 personNurito
  5. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2814 personTP Moan Simanjuntak