You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Lurah Kayu Manis Rubah RW Kumuh Jadi Hijau
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Lurah Kayu Manis Rubah RW Kumuh Jadi Hijau

Heru Suryono, Lurah Kayu Manis, Matraman, Jakarta Timur, merupakan satu dari 17 lurah yang mendapatkan piagam penghargaan dari Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, beberapa pekan lalu. Ia mendapatkan penghargaan lantaran dinilai berhasil menata lingkungannya dari RW kumuh menjadi kawasan hijau.

Banyak tanaman hias ditanam di lingkungan warga

Heru menuturkan, dalam menata lingkungan di RW 01 dirinya bersama pengurus RT/RW dan lintas sektor butuh waktu tiga bulan untuk 'menyulap' bahu Jalan Kayu Manis Barat RW 01 yang kumuh menjadi hijau dan asri. Bahu jalan selebar 50 hingga 60 sentimeter dan panjang 250 meter tersebut ditanami berbagai jenis tanaman hias bantuan dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur.

"Kita juga lakukan penataan di wilayah RT 03, 04, 05, 09 dan RT 10. Saluran air ditata ulang dan jalan yang rusak diaspal kembali walaupun lebarnya hanya satu meter,"  papar Heru, Jumat  (3/2).

Pengurasan Saluran di Kayu Manis Rampung Pekan Depan

Menurutnya, saluran air dibuatkan baru dengan lebar 30 sentimeter dan panjang 520 meter. Kemudian di atasnya diberi tutup menggunakan plat beton. Jalan setapak di pemukiman diaspal hotmix. seluruhnya dikerjakan oleh Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Timur.

Kemudian Sudin Sumber Daya Air (SDA) membuat pendalaman sumur resapan dari tiga meter menjadi 20 meter di empat titik yang tersebar di RT 04,10, 05. Hal ini dilakukan karena di lokasi tersebut rawan terjadinya genangan.

Tak hanya itu, semua lingkungan yang ditata itu dihiasi dengan vertikal garden menggunakan media tanam dari botol bekas air mineral yang dikaitkan di kerangka besi bantuan dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur.

"Banyak tanaman hias ditanam di lingkungan warga," ujarnya.

Untuk menambah cantik lingkungan, lanjut Heru, dia mengerahkan PPSU untuk menghiasi dinding rumah warga dengan berbagai mural. Temanya variatif, mulai daru imbauan dan ajakan warga tentang menjaga Kamtibmas, kesehatan, peduli lingkungan dan sebagainya.

"Penuh dengan tantangan dan ekstra kerja keras untuk merubah RW kumuh menjadi RW hijau dan tertata rapi. Karena awalnya banyak warga yang menolak dengan berbagai alasan. Namun setelah tertata apik dengan suasana baru dan warna baru, warga menjadi semangat dan senang," lanjut Heru.

Menurutnya, sebelum mendapatkan piagam penghargaan, wilayah yang ditata itu terus dievaluasi oleh tim dari Biro Pemerintahan. Beberapa kali tim datang untuk mengecek perkembangan kondisi lingkungan. Bahkan saat jelang Magrib tim datang secara mendadak.

"Kami sempat penasaran dengan kehadiran Tim Biro Pemerintahan DKI ke wilayah RW 01. Namun, rasa penasaran itu terjawab, setelah kami diberi piagam penghargaan dari Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balaikota," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3004 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2935 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2919 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2875 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2678 personAldi Geri Lumban Tobing