You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Peringatan HPSN-HBI di Kepulauan Seribu Digelar di 13 Titik
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Peringatan HPSN-HBI di Kepulauan Seribu Digelar di 13 Titik

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Hari Bersih Indonesia (HBI) dengan menggelar aksi bersih-bersih dan penanaman tanaman.

Kegiatan ini sangat disambut antusias

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan, aksi bersih-bersih di wilayah ini dipusatkan di 13 titik yang tersebar di enam kelurahan.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penanaman 5.000 bibit mangrove di Pulau Pramuka sebagai penutup peringatan HPSN dan HBI di Kepulauan Seribu.

Peringatan HPSN 2023, Warga Diajak Lebih Peduli Penangangan Sampah

Ia menuturkan, kegiatan ini diikuti sekitar 500 relawan perwakilan dari kelompok masyarakat (Smiling Coral Indonesia, Pokdarwis, Karang Taruna, BPS dan Bank Sampah). Termasuk unsur aparatur perangkat daerah, Taman Nasional Kepulauan Seribu, Bhabinkamtibmas dan beberapa komunitas lokal pegiat lingkungan, serta murid sekolah dan mahasiswa KKN.

"Kegiatan ini sangat disambut antusias. Sebelumnya warga telah mendaftar sebagai relawan HPSN dan HBI 2023. Mereka dan petugas kami disebar ke setiap lokasi untuk bersama-sama membersihkan lingkungan hingga area pantai," kata Sujanto, Minggu (19/2).

Menurut Sujanto, dalam kegiatan HPSN dan HBI 2023 ini, pihaknya berhasil mengangkut kurang lebih dua ton sampah, di mana 70 persen di antaranya merupakan sampah organik dan 20 persen sampah anorganik.

Sampah anorganik yang dapat didaur ulang dibawa ke bank sampah. Sementara sampah organik dijadikan kompos. Sisanya, yang tidak dapat diolah diangkut ke TPST Bantar Gebang.

"Selain bersih-bersih, kami juga mengajak  relawan untuk menjaga lingkungan dengan menanam bibit mangrove yang dapat menjaga ekosistem laut di Kepulauan Seribu," ucapnya.

Ia menambahkan, peringatan HPSN Jakarta 2023 mengusung tema 'Minimalkan Sampah, Maksimalkan Daur Ulang' dengan harapan warga bisa memilah dan mulai mengelola sampah sendiri agar lingkungan sehat dan layak huni.

 

"Kami terus mengajak warga untuk tetap menjaga kebersihan dan meningkatkan penghijauan," ucapnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Pramuka, Hermansyah menyambut baik acara peringatan HPSN dan HBI 2023 di wilayahnya. Kegiatan tersebut dinilai dapat menanamkan rasa kepedulian yang tinggi bagi warga terhadap kebersihan lingkungan.

"Kami berterima kasih kepada seluruh unsur yang sudah bekerja sama tetap menjaga lingkungan. Para relawan juga sangat antusias," tandasnya.

Sekadar informasi, 13 titik lokasi kegiatan peringatan HPSN dan HBI di Kepulauan Seribu tersebar di permukiman warga RW 1-3 Pulau Untung Jawa; Sisi Barat Belakang Sekolah MA Interaktif Pulau Harapan.

Kemudian Jalan Sisi Lingkar Barat Zona Ambalat Interaktif Pulau Harapan; Lapangan Sepakbola Pulau Sebira; permukiman warga RW 1-4 Pulau Kelapa; TPU Pulau Kelapa Dua; RW 01 Pulau Lancang; Pantai Selatan RT 01 RW 04 Pulau Pari; Pelabuhan Utara Taman Interaktif Pulau Tidung; Pantai Sunrise Pulau Pramuka dan permukiman warga Pulau Panggang di tiga RT.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye818 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati