You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Arena Balap Sepeda Kelas Dunia Ada di Jakarta
.
photo doc - Beritajakarta.id

Arena Balap Sepeda Kelas Dunia Ada di Jakarta

Sudah tahu belum nih? Jakarta punya arena balap sepeda berkelas dunia. Ya, Jakarta International Velodrome (JIV) yang berlokasi di Jalan Balap Sepada, Rawamangun, Jakarta Timur, menjadi venue balap sepeda berstandar internasional di Indonesia.

Selain di arena balap sepeda, masyarakat juga bisa berolahraga lari atau jogging di sini. 

JIV memiliki lahan seluas 5,2 hektare dengan luas bangunan untuk arena balap sepeda indoor seluas 1,6 hektare.

Atlet UCI Track Nation Cup 2023 Akui JIV Arena Terbaik

Venue balap sepeda indoor ini memiliki fasilitas lengkap yang tidak hanya menyenangkan bagi para atlet, tapi juga para pengunjung atau penonton.

Sejumlah fasilitas yang dibangun sangat ramah bagi penyandang disabilitas. Selain ada tribun prioritas dengan akses nyaman dan aman bagi penyandang disabilitas, toilet-toilet khusus juga disiapkan bagi penyandang disabilitas.

Gimana, oke banget kan? Tidak hanya itu lho, di tempat ini juga tersedia sarana ibadah yang sangat memadai.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo/Jakpro (Perseroda), Iwan Takwin mengatakan, awalnya Velodrome dibangun dengan konsep outdoor dengan standar nasional pada tahun 1973.

Selanjutnya, pada tahun 2016 PT Jakpro sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) saat itu mendapat tugas membangun venue pertandingan untuk keperluan Asian Games Tahun 2018.

"Salah satu yang kita bangun adalah Jakarta International Velodrome berkonsep indoor ini. JIV dibangun dengan standar-standar Union Cycliste Internationale atau UCI ," ujarnya, saat meninjau persiapan UCI Track Nation Cup 2023 beberapa waktu lalu.

Atlet berlatih di JIV (M. Aqil/beritajakarta.id)

Iwan menjelaskan, UCI menjadi stadion kebanggaan tidak hanya bagi warga Jakarta, tapi juga Indonesia. Pasalnya, venue balap sepeda ini menjadi tempat yang paling bisa digunakan untuk penyelenggaraan event-event berskala internasional di Indonesia.

"Alhamdulillah, tidak hanya dari sisi olahraga. Adanya venue berstandar internasional ini akan membuat Jakarta dan Indonesia makin dikenal dunia," terangnya.

Menurutnya, JIV juga sangat mudah diakses masyarakat menggunakan transportasi umum. JIV terhubung dengan Stasiun LRT Rawamangun dan bus Transjakarta Koridor 4.

"Selain di arena balap sepeda, masyarakat juga bisa berolahraga lari atau jogging di sini. Kami juga memperbolehkan warga untuk berkegiatan positif di sini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pengelola/Penanggung Jawab Jakarta International Velodrome, Mikhael Soputan menambahkan, untuk trek sepeda sepanjang 250 meter dengan area infield mencapai 2.800 meter persegi.

"Trek sepeda di JIV ini sudah Grade A. Meterial lantai menggunakan Siberian Wood. Suhu udara di area indoor ini selalu dijaga 24 jam agar bisa konstan berkisar 23-25 derajat celsius dengan kelembapan 40-70 persen," bebernya.

Mikhael menuturkan, untuk kapasitas penonton area velodrome mampu menampung 2.050 orang untuk seat kursi tempat duduk.

"Kalau untuk area festival atau infield bisa menampung hingga 5.000 orang. Jadi, secara total ada kapasitas lebih dari 7.000 orang di JIV," tandasnya.

Menarik banget bukan? Buat kamu yang ingin ke JIV sedang ada event menarik UCI Track Nation Cup 2023 yang berlangsung mulai 23-26 Februari 2023.

Sudah pasti seru, ada ratusan atlet dari 41 negara berlomba mengayuh sepeda untuk menjadi yang terbaik.

Oh ya, buat kamu yang ingin menggunakan atau menyewa area JIV kamu bisa menghubungi nomor telepon di  0821-2507-5901. Ingat ya, selain area venue balap, kamu juga bisa menggunakan area outdoor untuk beragam kegiatan positif.

Kalau sudah ke sini, kamu juga gak perlu bingung mencari kuliner atau pelepas dahaga maknyuss. Di area taman, kamu bisa mencicipi beraneka kopi hingga kudapan lezat. Terlebih, harganya juga sangat terjangkau.

Ayo buruan ke JIV, selain berolahraga, di sini juga bisa menjadi tempat bersantai yang asik.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye7600 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5462 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5223 personNurito
  4. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5088 personTiyo Surya Sakti
  5. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5082 personAnita Karyati