You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tiga Halte Transjakarta Terdampak Proyek Konstruksi MRT Jakarta Fase 2A Ditutup Sementara
.
photo Andri Widiyanto - Beritajakarta.id

Ini Solusi Penutupan Sementara Halte Transjakarta Terdampak Proyek MRT Fase 2A

Tiga halte Transjakarta terdampak pembangunan proyek konstruksi MRT Jakarta Fase 2A CP202 yakni halte Harmoni, halte Mangga Besar dan halte Sawah Besar. Ketiga halte tersebut akan dilakukan penutupan dan dialihkan ke halte sementara (temporary).

Untuk mewujudkan sistem transportasi publik terintegrasi

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, penutupan ketiga halte Transjakarta itu berimplikasi pada layanan koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) dan Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni).

Sejumlah rute Transjakarta mengalami penyesuaian antara lain, Pantai Maju-Balai Kota (1A), Pulogadung-Rawa Buaya (2A), PGC-Harmoni (5C), Kampung Rambutan - Harmoni via Cempaka Putih (7E).

Dishub akan Rekayasa Lalin Dukung Pekerjaan MRT Fase 2

Apriastini menjelaskan, pengembangan transportasi di Jakarta saat ini sedang dalam proses pembangunan konstruksi, salah satunya dengan pembangunan MRT Fase 2A CP202. Apriastini mengatakan, Transjakarta mendukung pengembangan layanan transportasi yang dilakukan oleh MRT Jakarta.

“Tentunya kami akan melakukan penyesuaian layanan atas penutupan tiga halte Transjakarta dalam menyediakan moda transportasi publik kepada pelanggan, sehingga aktivitas masyarakat tetap berjalan normal," kata Apriastini, Jumat (24/2).

Apriastini menjelaskan, sehubungan dengan penutupan ketiga halte Transjakarta saat pengerjaan proyek pekerjaan konstruksi MRT Jakarta Fase 2A CP202 tersebut maka akan dibangun halte Transjakarta yang bersifat sementara.

Dia merinci, khusus untuk halte Harmoni, Transjakarta akan mengalihkan pelanggan yang selama ini transit ke halte transit pengganti. Serta disediakan rute-rute langsung ke halte-halte seperti Halte Juanda, Halte Monas, Halte Kota, Halte MH Thamrin, dan Halte Bundaran HI.

“Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengalihan rute layanan Transjakarta dapat diakses melalui https://linktr.ee/inforevitalisasitj,” ucap Apriastini.

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan MRT Jakarta, Ahmad Pratomo menyampaikan halte sementara bus Transjakarta dibangun di sepanjang area Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk sehubungan dengan pembangunan fase 2A.

Pembangunan halte sementara Transjakarta Harmoni, Sawah Besar dan Mangga Besar merupakan salah satu pekerjaan persiapan konstruksi paket kontrak 202 (CP202) MRT Jakarta.

Ketiga halte Transjakarta sementara tersebut telah selesai dibangun untuk menggantikan halte eksisting Transjakarta Mangga Besar yang berada di depan Grand Paragon, halte eksisting Sawah Besar di depan Gajah Mada Plaza dan Halte eksisting Harmoni di depan Duta Merlin.

“Untuk mewujudkan sistem transportasi publik terintegrasi membutuhkan kerja kolaboratif dan sinergi yang kuat dengan berbagai pihak, terutama dengan sesama operator transportasi publik,” kata Pratomo.

Pratomo menyampaikan, pemilihan lokasi halte sementara Transjakarta Mangga Besar, Sawah Besar dan Harmoni telah dikoordinasikan dengan berbagai pihak terkait seperti, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan PT Transportasi Jakarta.

“Desain fisik keenam halte pengganti Transjakarta berikut akses pejalan kaki menuju ke dan dari halte telah memenuhi standar pelayanan minimum untuk Halte Transjakarta dan ramah terhadap penyandang disabilitas,” ucap Pratomo.

Berikut rencana penutupan ketiga halte terdampak pembangunan proyek konstruksi MRT Jakarta Fase 2A CP202 :

- Halte Transjakarta Mangga Besar ditutup pada 25 Februari 2023.

- Halte Transjakarta Sawah Besar ditutup pada 28 Februari 2023.

- Halte Transjakarta Harmoni ditutup pada 3 Maret 2023.

Untuk memastikan pelanggan Transjakarta yang menggunakan ketiga halte eksisting tetap terlayani enam halte Transjakarta sementara berikut siap dioperasikan:

1. Sebagai pengganti halte eksisting Transjakarta Mangga Besar dua halte sementara berikut siap dioperasikan pada tanggal 25 Februari 2023:

• Halte sementara Mangga Besar pada sisi Jalan Hayam Wuruk di depan PT Sango Ceramics Indonesia dan Rumah Makan Garuda Hayam Wuruk (arah Blok M).

• Halte sementara Mangga Besar di sisi Jalan Gajah Mada yang berada di depan BCA KCU Gajah Mada (arah Kota).

• Sebagai pengganti Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Mangga Besar eksisting, pejalan kaki dapat mengakses halte sementara Transjakarta Mangga Besar sisi Hayam Wuruk dan Gajah Mada menggunakan pelican crossing, serta jembatan khusus pejalan kaki di atas sungai Ciliwung (di depan Gedung Arsip dan Bank BNI).

2. Layanan halte eksisting Transjakarta Sawah Besar akan dipindahkan ke halte sementara berikut yang siap beroperasi mulai tanggal 28 Februari 2023:

• Halte sementara Sawah Besar di sisi Hayam Wuruk di depan Jalan Kebon Jeruk VII (arah Blok M).

• Halte sementara Sawah Besar yang berada di sisi Jalan Gajah Mada tepat di depan Jalan Keselamatan (arah Kota).

• Pejalan kaki dapat mengakses kedua halte sementara Transjakarta Sawah Besar menggunakan pelican crossing serta jembatan kecil khusus pejalan kaki yang berada di depan Bank BNP Gajah Mada dan SPBU Pertamina Hayam Wuruk, Sebagai pengganti Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Sawah Besar.

3. Sementara untuk menggantikan halte eksisting Transjakarta Harmoni telah dibangun dua halte sementara berikut dan siap beroperasi mulai tanggal 3 Maret 2023:

• Halte sementara Harmoni Hayam Wuruk (arah Blok M) yang berada di depan Dunkin’ Donuts dan Jalan Batu Ceper.

• Halte sementara Harmoni pada sisi Jalan Gajah Mada di depan Gedung Pelni (arah Kota).

• Pejalan kaki dapat mengakses kedua halte sementara Transjakarta Harmoni menggunakan pelican crossing yang berada baik di Jalan Hayam Wuruk maupun Jalan Gajah Mada.

“Kami mengharapkan pengertian dan kerja sama dari masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan proyek MRT Jakarta Fase 2. Selain itu, kami juga berharap para pengguna jalan dan angkutan umum agar memerhatikan rambu-rambu serta mengikuti petunjuk petugas konstruksi di lapangan,” tandas Pratomo.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye4722 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4168 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2798 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2749 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2658 personFolmer