You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP DKI Gelar Bimtek Urban Farming di Pondok Pesantren
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Dinas KPKP DKI Adakan Bimtek Urban Farming di Ponpes Ulul Ilmi Munjul

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) di Pondok Pesantren Ulul Ilmi di Jalan TPU Munjul, RT 05/01, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

agar dapat memberikan pelajaran kepada para santri untuk bekal hidup mandiri

Kegiatan diikuti 100 petani binaan dari Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, pogram pengembangan urban farming berhasil diimplementasikan di lokasi pondok pesantren.

Dinas KPKP akan Distribusikan Ratusan Ribu Bibit Tanaman Produktif

"Pemberdayaan santri melalui urban farming dilakukan agar dapat memberikan pelajaran kepada para santri untuk bekal hidup mandiri," ujar Mujiati, Senin (6/3).

Ia memaparkan, pentingnya kemandirian pangan bagi santri telah dilakukan melalui serangkaian program pelatihan, sehingga tertanam kepedulian tentang pentingnya mengupayakan tercapainya kemandirian pangan.

"Oleh karenanya,  Dinas KPKP DKI Jakarta berkomitmen memberikan perhatian dan dorongan lebih kepada pondok pesantren untuk melahirkan sumber daya manusia yang unggul dalam melakukan kegiatan pertanian perkotaan," paparnya.

Ia mengungkapkan, pengembangan program urban farming juga sejalan dengan amanah UU  No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren Pasal 46 Ayat 1 yang berbunyi “Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memberikan dukungan dan fasilitasi ke Pesantren dalam melaksanakan fungsi pemberdayaan masyarakat”.

"Serta Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan, serta Desain Besar Pertanian Perkotaan 2018-2030," ungkapnya.

Ia menambahkan, Pondok Pesantren Ulul Ilmi merupakan salah satu binaan Dinas KPKP DKI Jakarta dalam pengembangan program urban farming yang telah menerima bantuan berupa rak hidroponik pada tahun 2022. Sementara materi bimtek yang diberikan mencakup pengembangan urban farming dari hulu sampai ke hilir.

"Bimtek ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi santri dan pengelola serta diimplementasikan di lingkungannya masing-masing untuk menjamin kemandirian pangan di pondok pesantren," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3160 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2754 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2549 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2508 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2497 personAnita Karyati