You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Identifikasi Korban Tewas Depo Plumpang di RS Polri Terus Didalami
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

RS Polri Terus Dalami Indentifikasi Korban Tewas Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri terus melakukan pendalaman identifikasi terhadap jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Selain tengah memastikan identitas medis dan properti para korban yang hangus terbakar, tim DVI Polri  juga telah mengambil sampel 15 keluarga korban. 

Harus benar-benar scientific teridentifikasi 100 persen

Kepala Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Brigjen Hariyanto menjelaskan, dari 16 kantong jenazah yang diterima pihaknya, 15 diantaranya berupa tubuh dan satu lainnya potongan tubuh. Hingga Minggu (5/4) kemarin, tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri telah mengidentifikasi tiga di antaranya. 

"Menurut Kapus Inafis, dari 15 tubuh itu sebanyak enam bisa diperiksa. Tapi hanya tiga yang hasilnya keluar," katanya, Senin (6/3). 

Satu Jenazah Korban Kebakaran Depo Pertamina di Plumpang Berhasil Diidentifikasi

Dilanjutkan Hariyanto, dengan kondisi demikian pihaknya terpaksa mengandalkan identifikasi medis dan properti yang dimiliki korban. Namun, kondisi kerusakan jenazah dan data yang kurang lengkap mengakibatkan tim DVI Polri berhati-hati dan berniat melakukan identifikasi pendalaman. 

Dicontohkan, kesulitan dalam mengidentifikasi seperti korban yang memiliki tahi lalat namun karena dagunya sudah rusak menjadi tidak bisa dikenali. Kemudian, seperti bagian gigi ditemukan pernah mengalami pengobatan namun korban tidak memiliki data medical record. 

"Makanya kami masih ragu karena DVI ini harus benar-benar scientific teridentifikasi 100 persen. Besok kami akan dalami lagi," tugasnya. 

Bila nantinya pihak kepolisian masih ragu dan kesulitan mengidentifikasi korban, Hariyanto menegaskan proses antemortem untuk mengenali masih bisa dilakukan dengan pencocokan DNA korban. Untuk memastikannya, sebanyak 15 orang yang diduga keluarga korban telah melakukan penampilan sampel DNA. 

"Proses pencocokan DNA akan berpindah-pindah dari tulang, darah dan sebagainya untuk memastikan.  Kira-kira waktunya antara lima hari sampai dua pekan," tandasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3748 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3469 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3060 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3024 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3014 personAnita Karyati