You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Heru Buka Musrenbang Pemkot Jakut dan Pemkab Kepulauan Seribu
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Pj Gubernur Heru Buka Musrenbang Pemkot Jakut dan Pemkab Kepulauan Seribu

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RPKD) Tingkat Kota Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu, Jumat (17/3).

Pak Wali Kota dan Bupati saya titip

Adapun tema RKPD 2024 yaitu ‘Transformasi Jakarta sebagai Kota Tangguh, Berdaya Saing dan Berkelanjutan untuk Indonesia’.

Pada kesempatan itu, Heru menyampaikan, tema ini menjadi panduan bagi para jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan Jakarta sebagai pusat pertumbuhan Indonesia. Heru mengatakan, walaupun pemerintah pusat sedang membangun IKN, tapi 15 tahun dari sekarang Jakarta akan menjadi kota maju dunia atau global city.

Pj Gubernur Heru Pastikan Stok Sembako Aman Bagi Masyarakat

“Pak Wali Kota dan Bupati saya titip, dunia menilai kota-kota besar termasuk kita harus masuk di dalam global city. Ada kurang lebih 21 poin yang dinilai di antaranya transportasi, lingkungan hidup, sanitasi, jumlah warga, tata cara hidup warganya, dan lain-lain. Wali Kota harus briefing bagaimana tata cara menilai kota, sehingga kita bisa naik urutan dari urutan 53 bisa menjadi 10 besar,” ujar Heru.

Heru juga mengajak jajaran Pemkot Jakarta Utara dan Pemkab Kepulauan Seribu untuk saling berkoordinasi dan bersinergi mengantisipasi kondisi ekonomi global pascapandemi COVID-19. Akselerasi perekonomian tentu diperlukan, sehingga kondisi perekonomian dapat pulih seperti sebelum pandemi.

Menurut Heru, diperlukan jaringan pengamanan sosial, di mana Dinas PPKUKM, Dinas Dukcapil, serta Bappeda saling bersinergi untuk membaca situasi ke depan.

“Dukcapil harus kasih data penduduk Jakut yang laki-laki dan perempuan berapa, pendatang berapa masuk dalam program 2024 terkait dengan stunting. Jakarta khususnya Jakarta Utara jumlah penduduk lebih banyak perempuan, apabila perempuan tidak dibina dengan baik dia melahirkan maka menjadi stunting, kalau stunting jumlah anggaran yang kita turunkan lebih banyak,” jelas Heru.

Sejalan dengan itu, Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023-2026 memfokuskan pembangunan tahun 2024 pada peningkatan ketahanan kota melalui penguatan ekonomi inklusif dan pemantapan kualitas pelayanan dasar.

Perencanaan pembangunan tahun 2024 akan diprioritaskan untuk menangani enam isu yaitu, penanggulangan banjir, penanganan kemacetan, antisipasi dampak resesi ekonomi, penanggulangan kemiskinan, percepatan penurunan stunting, dan penguatan nilai demokrasi.

“Ada poin-poin yang harus dipahami di dalam sebuah perencanaan supaya Sukses Jakarta untuk Indonesia itu dapat terlaksana yaitu menjadikan warganya hidup dengan nyaman, berupaya menjadi kota maju dunia dengan warga yang sejahtera serta pemerintahan yang terkelola dengan baik. Jakarta dengan pengalaman tersendiri khususnya kita menjadi Ibu Kota kita memiliki potensi-potensi lainnya yang tidak dimiliki daerah lain seperti MRT LRT,” tandas Heru.

Pada kesempatan itu, Heru juga memberi perhatian khusus penanganan banjir dan rob di kawasan pesisir Jakarta. Heru menilai, ada dua hal yang harus dilakukan yakni kelanjutan terkait dengan pembangunan tanggul pantai dan NCICD yang mau tidak mau cepat atau lambat harus melakukan itu.

“Kalau kita hanya membangun tanggul pantai saja maka setiap tahun kita harus meninggikan tanggul pantai itu. Karena dari data yang ada, air laut meningkat empat sentimeter dan delapan sentimeter daratan Jakarta turun, berarti kita harus menambah tinggi tanggul 12 sentimeter setiap tahun. jika NCICD ini terbangun, maka ini bisa terselesaikan. Memang agak mahal selama Jakarta ini ada, maka itu wajib dibangun,” tandas Heru.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Peserta Didik SMPN 73 Antusias Ikuti Festival Budaya Nusantara

    access_time12-06-2024 remove_red_eye1271 personTiyo Surya Sakti
  2. Disdik Pastikan KJP Plus akan Cair pada Minggu Kedua Juni 2024

    access_time10-06-2024 remove_red_eye871 personFolmer
  3. HUT ke-497 Jakarta, DKI Hapus Sanksi Administrasi PKB dan BBNKB

    access_time11-06-2024 remove_red_eye870 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk Ikutan Lomba Konten Video Urban Farming Meriahkan HUT Jakarta

    access_time12-06-2024 remove_red_eye828 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. 5.246 Peserta Ikut Gerakan Jakarta Berjaga

    access_time09-06-2024 remove_red_eye597 personBudhi Firmansyah Surapati