You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
LRT Jabodebek Diyakini Mampu Kurangi Kemacetan di Jakarta
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Pj Gubernur Tinjau Proyek LRT Jabodebek, Diyakini Mampu Kurangi Kemacetan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan langsung proyek LRT Jabodebek di Stasiun LRT Halim Perdanakusuma, Kamis (23/3). Kunjungan ini bertujuan memastikan proyek LRT Jabodebek berjalan sesuai jadwal.

Kita harus bangga dengan karya anak bangsa ini

Budi Karya mengapresiasi Heru yang secara intensif mengkoordinasikan LRT Jabodebek, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan antarmoda yang menuju Jakarta. Budi menilai, tidak mungkin suatu angkutan massal perkotaan dan antarkota berjalan baik tanpa koordinasi yang intensif.

Budi menjelaskan, sesuai arahan Presiden RI, Indonesia harus meningkatkan kemampuan angkutan massal perkotaan dan antarkota. Budi mengatakan, proyek lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang cukup. Dia mengatakan TKDN LRT Jabodebek lebih dari 50 persen.

Azas Tigor: Heru Gerak Cepat Atasi Kemacetan

“Kami dari Kementerian Perhubungan siap kerja keras untuk mengkoordinasikan semua ini. Kita harus bangga dengan karya anak bangsa ini. Kita berusaha untuk memastikan bahwa kereta api massal dalam kota dan antarkota ini dengan proses yang benar,” ujar Budi.

Selain proyek pembangunan, peninjauan ini juga memastikan aspek keselamatan (safety) dan pelayanan. Budi menyampaikan, Stasiun LRT Halim adalah titik jumpa kereta dari Dukuh Atas maupun dari Bekasi bagi mereka yang akan menuju Bandung.

“Pak Pj Gubernur juga banyak memberikan catatan bagaimana memberikan layanan pada masyarakat untuk gampang masuk. Insya Allah tahun ini bisa kita gunakan LRT Jabodebek dari Bekasi, sekitar Bogor sampai Dukuh Atas,” kata Budi.

Budi mengatakan, integrasi LRT Jabodebek dengan angkutan massal menuju Jakarta memberikan dampak positif dalam hal menekan angka kemacetan kota Jakarta.

“Karena ada ide menyatukan dengan Halim dan lain-lain. Saya yakin bagi Jakarta bagus juga karena dari Bekasi, Bogor bahkan dari Bandung tidak bawa mobil sehingga mengurangi kemacetan,” ucap Budi.

Budi memastikan koordinasi antara Kementerian Perhubungan dengan Pemprov DKI Jakarta bakal semakin intensif untuk memastikan proyek LRT berjalan sesuai jadwal dan segala aspek baik pelayanan maupun keselamatan dapat terpenuhi.

“Alhamdulillah ini sudah berjalan mendekati 90 persen tetapi lima sampai enam bulan ini harus kita lakukan baik, karena di situlah kita memastikan safety, memastikan layanan berjalan dengan baik,” ucap Budi.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan, berdasarkan laporan dari Asisten Pembangunan Sekda Provinsi DKI Jakarta bahwa Pemkot Jakarta Timur telah melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan fisik jalan masuk di Jalan DI Panjaitan sejak dua bulan lalu.

“Walaupun sedang berproses di BPN, masyarakat atau para pihak yang memang terkena jalan masuk di DI Panjaitan untuk siap kita lakukan pembangunan fisik. Bagi kami tidak masalah dan kami akan mendukung. Termasuk konsep misalnya dari Bogor posisi ke Halim, di sini Pak Asbang berkomunikasi dengan Jasa Marga untuk ke depannya bisa connecting,” ungkap Heru.

Heru menambahkan, apabila LRT Jabodebek rampung tepat waktu, masyarakat segera merasakan manfaatnya. Salah satunya, kendaraan pribadi yang masuk kota Jakarta akan berkurang.

“Mohon dukungan semua lapisan, ini adalah golden time sampai Oktober 2023 semoga bisa tepat waktu dan di posisi November, Desember dan seterusnya bisa mengurangi kemacetan yang ada di dalam kota,” tandas Heru.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9106 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7898 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6700 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6432 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6393 personAldi Geri Lumban Tobing