You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Terpilih Duta Baca Kepulauan Seribu, Acbar Tingkatkan Gemar Baca Anak
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Terpilih Duta Baca Kepulauan Seribu, Acbar Tingkatkan Gemar Baca

Setelah melalui proses panjang dan seleksi ketat, Acbar berhasil menyabet gelar Duta Baca Kepulauan Seribu 2023.

Saya ingin meningkatkan kegemaran membaca di Kepulauan Seribu

Acbar merasa bangga karena menjadi satu-satunya orang dari luar Kepulauan Seribu yang lolos Duta Baca.

Ia menyampaikan alasan mengikuti pemilihan Duta Baca Kepulauan Seribu karena ingin menyebarkan semangat literasi melalui kegiatan yang bersifat lokal dan berkarakter.

Ini Syarat Pendaftaran Duta Baca Kepulauan Seribu 2023

Termasuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan peran masyarakat dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui literasi.

"Saya ingin meningkatkan kegemaran membaca di Kepulauan Seribu," ujar Acbar, Senin (17/4).

Menurut Acbar, untuk bisa lolos sebagai Duta Baca membutuhkan proses seleksi yang ketat.

Adapun proses penyeleksian yang harus disiapkan terkait kelengkapan berkas administrasi hingga penilaian 10 kriteria peserta seperti buku koleksi pribadi, aksi kegemaran membaca dan lainnya.

Acbar memiliki beberapa prestasi seperti Juara Terbaik 1 Pengelolaan Perpustakaan dan Penataan Tingkat DKI Jakarta, Juara Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat serta pernah mengikuti peringkat terbaik dalam lomba Perpustakaan Umum Desa atau Kelurahan Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Kemenangan ini berkat dukungan teman,  adik serta masyarakat Kepulauan Seribu. Saya akan berikan yang terbaik dan menjalankan program yang telah diselaraskan dengan  Bunda Literasi Kepulauan Seribu, Rita Susanti," ucapnya

Setelah terpilih menjadi Duta Baca, Acbar berencana mengadakan program sosialisasi dan pelatihan kegiatan literasi. Terutama bagi orang tua, tenaga pendidik dan kependidikan, pegiat literasi, RPTRA, Pengelola Taman Bacaan Masyarakat serta PKK Kepulauan Seribu.

"Program yang telah saya usung ini akan melibatkan para pemangku kepentingan di dunia literasi. Mohon bantuan dan kerja sama semua," ucapnya.

Kepala Seksi Perpustakaan dan Kearsipan UKT 1 Kepulauan Seribu, Windarwati menjelaskan, pemilihan Duta Baca yang berlangsung selama 20 hari, tepatnya sejak 22 Maret-4 April 2023 ini telah melalui rangkaian panjang dan seleksi ketat. Tercatat, peserta yang mengikuti kegiatan pemilihan Duta Baca  Kepulauan Seribu berjumlah tiga orang.

“Persaingan para peserta sangat ketat. Ada yang dari warga pulau sendiri dan dari luar.  Namun akhirnya kami menetapkan Acbar karena memenuhi kriteria sebagai Duta Baca Kepulauan Seribu," tuturnya.

Windarwati menjelaskan, ke depan, Acbar akan ditugaskan melakukan misi dan fungsi pembudayaan kegemaran membaca di Kepulauan Seribu. Duta Baca tersebut juga berfungsi sebagai ujung tombak salah satu program pembudayaan kegemaran membaca di Kepulauan Seribu.

“Diharapkan mampu menjadi panutan, motivator, inspirator dan influencer dalam upaya mempromosikan gemar membaca," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1199 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1127 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1125 personAnita Karyati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye929 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye927 personNurito