You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkab Akan Bangun Pengaman Pantai di Pulau Panggang
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pemkab akan Bangun Pengaman Pantai di Pulau Panggang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu bersama Tim Konsultan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Balai Taman Nasional tengah melakukan peninjauan lapangan terkait rencana pembangunan pengaman pantai di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Kami akan mengawasi pembangunan ini

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kepulauan Seribu, Iwan P Samosir mengatakan, pihaknya melakukan peninjauan titik pembangunan pengaman pantai di sisi utara RW 02 dan RW 03 serta sisi selatan Dermaga T, RW 03, Pulau Panggang.

"Hari ini kami melakukan peninjauan lapangan untuk pengamanan pulau dari abrasi. Dalam hal ini Sudin SDA Kepulauan Seribu berencana melakukan penanggulan," katanya, Rabu (24/5).

Pengukuran Lahan DKI di Kepulauan Seribu Digencarkan

Iwan menerangkan, dari hasil peninjauan di lapangan, akan dibangun tanggul sepanjang 150 meter. Dalam tinjauan tersebut juga ditemukan hal-hal yang kemungkinan ada penimbunan karang-karang yang sudah mati.

"Kita sudah sepakati dengan pengurus RT dan RW agar kegiatan penimbunan disetop dulu. Rencananya kami sosialisasikan juga kepada warga terkait titik-titik tanggul yang akan dibangun agar tidak terjadi pro kontra," ucapnya.

Ia menambahkan, pembangunan tanggul ini akan masuk tahap pengkajian. Setelah itu akan dilanjutkan ke tahap penganggaran pada awal 2024. Begitu proses tersebut selesai, baru kegiatan dilanjutkan ke pembangunan yang kemungkinan selesai pada 2025.

"Kami akan mengawasi pembangunan ini. Kita berharap pelaksanannya berjalan lancar dan bisa segera dituntaskan. Ini demi keselamatan warga juga," tegas Iwan.

Perwakilan dari Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Agus Setiawan mendukung rencana pembangunan pengaman pantai ini. Proyek tersebut dianggap akan efektif untuk menghentikan pelebaran pulau sekaligus juga memberikan keselamatan dan kenyamanan warga.

"Kami bersama Sudin SDA Kepulauan Seribu juga akan melakukan perjanjian kerjasama untuk percepat program ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4567 personNurito
  2. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3927 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3916 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3752 personFolmer
  5. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2821 personAnita Karyati