You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sosialisasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas PPAPP Sosialisasikan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender kepada OPD

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Tahun 2023.

tetap diperlukan upaya yang terus menerus dan berkesinambungan

Sosialisasi yang dilaksanakan secara daring (online) ini diikuti sebanyak 100 peserta perwakilan dari perangkat daerah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Materi sosialisasi yang diberikan yakni, Isu Kesenjangan Gender di Berbagai Aspek dan Strategi Percepatan PUG di Daerah.

Plt Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Rizky Hamid mengatakan, mengupayakan kesetaraan gender dan inklusi sosial merupakan strategi penting dalam pembangunan untuk memberdayakan masyarakat, baik laki-laki ataupun perempuan, anak, lansia, maupun penyandang disabilitas.

Dinas PPAPP Adakan Webinar Mempersiapkan Generasi Emas

Dia menjelaskan, berbagai hasil pembangunan telah menunjukkan bahwa mulai terjadi peningkatan hasil pembangunan yang dapat dinikmati baik laki laki maupun perempuan.

“Namun demikian tetap diperlukan upaya yang terus menerus dan berkesinambungan yang akhirnya berdampak adanya kesetaraan peranan dan kedudukan laki laki dan perempuan dalam pembangunan,” ujar Rizky, Kamis (25/5).

Dikatakannya, Pemrpov DKI Jakarta terus berupaya untuk mewujudkan pengarusutamaan gender dengan strategi memasukkan isu gender dalam semua aspek pembangunan yang merupakan sebuah upaya untuk menghilangkan hambatan-hambatan yang menyebabkan tidak tercapainya kesetaraan dan keadilan gender, seperti marginalisiasi, stereotype, subordinasi, kekerasan dan beban ganda.

“Pengarusutamaan gender diperlukan sebagai salah satu strategi solutif melalui kebijakan dan program yang responsif gender untuk mewujudkan pembangunan yang dapat dinikmati secara efektif, akuntabel, serta berkeadilan oleh seluruh penduduk,” kata Rizky.

Rizky menyampaikan, berdasarkan hasil Pembahasan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Tahun Anggaran 2023 antara Ditjen Bina Pembangunan Daerah Pemberdayaan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ditetapkan bahwa target Anggaran Responsif Gender (ARG) Daerah Disepakati Minimal 2,5 persen pada 2023 dan harus meningkat di setiap tahunnya.

Maka itu, sambungnya, untuk mendorong tercapainya target tersebut, dibutuhkan dukungan dari semua stakeholder termasuk Perangkat Daerah baik dari sisi program dan kegiatan serta dukungan SDM yang memahami tentang strategi pengarusutamaan gender.

“Hal ini diharapkan masing-masing Perangkat Daerah memiliki program dan kegiatan dengan pendekatan yang mengakomodir isu-isu kesenjangan gender khususnya terhadap perempuan, lansia, anak, serta disabilitas dalam mendapatkan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan,” tandas Rizky.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2647 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2270 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1880 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1549 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1221 personAnita Karyati