You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Lahan Tidur di Cepete Selatan Disulap jadi Taman
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Lahan Tidur di Cipete Selatan Disulap jadi Taman

Lahan tidur di Jalan Bunga Cempaka RT 06/02 Kelurahan Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, disulap menjadi sebuah taman yang asri, sejuk dan indah. Taman berukuran sekitar 30x6 meter itu dinamai Taman Cempaka.

Pekerjaan sudah memasuki tahap finishing

Lurah Cipete Selatan, Fuad menuturkan, untuk menata lahan yang awalnya dijadikan tempat pembuangan sampah liar dan banyak ditumbuhi pohon pisang ini, pihaknya bersinergi dengan warga serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Dulu lahan ini jadi tempat pembuangan sampah liar dan kontur tanahnya seperti cekungan. Sehingga setelah kita bersihkan seluruhnya, lahan diurug dengan tanah merah agar rata. Barulah didesain untuk dijadikan taman," ujar Fuad, Kamis (1/6).

Pemkot Jaksel Tinjau Dua Lokasi Penataan Kawasan Unggulan

Dipaparkan Fuad, dalam proses penataan lahan ini pihaknya mengerahkan 15 PPSU untuk mengurug tanah merah sedalam 50 sentimeter. Kemudian, Satgas Bina Marga memadatkan dan membuat jogging track , Satgas SDA membuat saluran air sepanjang 30 meter menggunakan beton U-ditch ukuran 40 sentimeter yang dikoneksikan ke saluran gendong Jalan Pangeran Antasari. Sedangkan Satgas Pertamanan mendesain taman dan membantu menyiapkan tanamannya.

"Pekan ini targetnya pengaspalan hotmix di Jalan Bunga Cempaka yang ada di depan taman sekaligus pemasangan lampu PJU oleh Satgas Bina Marga," lanjut Fuad.

Fuad menyebut, pembuatan Taman Cempaka ini dimulai sejak akhir Maret. Ditargetkan, rampung pada pekan ini.

"Pekerjaan sudah memasuki tahap finishing dan capaiannya sudah 98 persen," ujarnya.

Pantauan di lapangan, Taman Cempaka ini sudah banyak ditumbuhi tanaman rumput gajah dan sejumlah tanaman hias. Kemudian ada pohon Kamboja, batu terapi yang disusun rapi. Area joging track dicat warna warni dan dihiasi dengan mural dedaunan. Di taman juga disiapkan tong sampah pilah tiga warna.

Pada bagian dinding pembatasnya dihiasi dengan mural dengan tema tanaman hias, kupu-kupu dan ikan hias, dengan latar belakang cat warna biru muda. 

Kemudian ada tulisan Jadi Karya untuk Nusantara, Sukses Jakarta untuk Semua dan mural pohon beringin lengkap dengan gambar burungnya. Pagar pembatas ini juga dihiasi dengan ornamen Betawi, Gigi Balang berwarna kuning emas dan cokelat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1674 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pencairan Bansos PKD DKI 2024 Tahap Ketiga Rampung

    access_time20-09-2024 remove_red_eye1344 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1302 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1174 personNurito
  5. JakLingko Indonesia Raih Penghargaan DTKJ Awards 2024

    access_time21-09-2024 remove_red_eye964 personAldi Geri Lumban Tobing