You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pos Pelayanan Kesehatan Disiagakan di 13 Titik Keberangkatan Pemudik
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Sudinkes Jakut Dirikan Posko Kesehatan di 13 Lokasi

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama arus mudik, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara mendirikan posko kesehatan lapangan bagi sopir dan penumpang di 13 lokasi.

Sopir yang mau berangkat wajib lolos dari pemeriksaan kesehatan, termasuk tes narkoba

Lokasi tersebut di antaranya, di Terminal Bus Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Priok, Stasiun Kereta Api Tanjung Priok, Terminal Bus Tanah Merdeka, Perempatan Cempaka Mas, Terminal Bus Bantuan Muara Angke, Terminal Bus dan Bantuan Tanah Merah.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Bambang Suheri mengatakan, posko pelayanan kesehatan disiagakan guna menanggulangi seluruh korban bencana pada pra, saat, dan pasca hari raya.

Jakpus Dirikan 4 Posko Kesehatan di Terminal dan Stasiun

"Bentuk pelayanan yang tersedia di posko mencakup layanan informasi kesehatan, pengobatan lapangan, rujukan dan menerima rujukan, layanan ambulan gawat darurat dan transportasi, pengawasan makanan minuman, air bersih di tempat keramaian lainnya dan pemeriksaan kesehatan pengemudi," ungkap Bambang Suheri, kepada beritajakarta.com, Rabu (8/7).

Sejak H-15 Lebaran, pihaknya telah siaga di tiga lokasi yang intensitas penumpang arus mudik dan baliknya tinggi yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Stasiun Kereta Api Tanjung Priok, dan Terminal Tanah Merdeka. Sementara standar jumlah SDM untuk tiap posko terdiri dari satu dokter, satu perawat, satu asisten apoteker, dan satu sopir ambulan transportasi.

"Masing-masing posko beda-beda. Patokannya, kalau jumlah pemudik bisa sampai 400 atau lebih itu bisa lebih dari 1 dokter. Kita menggunakan tenaga dari sudin kesehatan, puskesmas dan rumah sakit. Setiap pos diwajibkan punya ruang laktasi," katanya.

Pihaknya, tambah Bambang, berkoordinasi dengan Sudin Perhubungan dan Transportasi Jakarta Utara, kepala terminal, pelabuhan dan stasiun keberangkatan, pengemudi diwajibkan lolos tes medis sebelum melaksanakan tugasnya mengantar penumpang.

"Sopir yang mau berangkat wajib lolos dari pemeriksaan kesehatan, termasuk tes narkoba. Kami bekerja sama dengan BNN, Kementerian Kesehatan dan Dinas Perhubungan" tandas Bambang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye897 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye817 personAldi Geri Lumban Tobing