You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ahok Perintahkan Kadis Tata Air Keruk Sungai Dangkal
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Ahok Perintahkan Kadis Tata Air Keruk Sungai Dangkal

Untuk mengantisipasi banjir saat memasuki musim hujan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memerintahkan Kepala Dinas Tata Air DKI Tri Djoko Sri Margianto untuk mendata sungai-sungai yang masih dangkal di ibu kota.

Saya sudah instruksikan Kadis Tata Air agar semua sungai yang dangkal segera dikeruk

"Saya sudah instruksikan Kadis Tata Air agar semua sungai yang dangkal segera dikeruk," kata Basuki, di Balaikota, Jumat (10/7).

Basuki mengaku tidak akan menggunakan pihak ketiga untuk melakukan pengerukan sungai. Dirinya sudah kapok menggunakan jasa swasta karena dianggap kurang maksimal dalam melakukan pekerjaan. Basuki lebih memilih menggunakan alat sendiri dalam pengerukan sungai. Karena dianggap lebih cepat dan bisa langsung bekerja tanpa harus menunggu proses lelang.

7 Waduk di Jakbar Dikeruk Tahun Ini

"Pakai alat sendiri semuanya, kecuali yang JEDI (Jakarta Emergency Dredging Initiative) karena sudah terlanjur," ujarnya.

Proyek JEDI sendiri adalah pengerukan 13 sungai yang ada di ibu kota. Pemprov DKI Jakarta mendapatkan pinjaman dari Bank Dunia untuk melakukan pengerukan sungai. Dalam pengerjaannya Pemprov DKI Jakarta dibantu oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sungai yang akan dikeruk dalam proyek ini diantaranya Kanal Banjir Barat (KBB), Cakung Drain, Cengkareng Drain, Kali Angke, Kali Cideng, Kali Kamal, Kali Sunter, Kali Tanjungan, Kali Krukut-Kali Cideng-Tanah Sereal, Kali Jelakeng-Kali Pakin-Kali Besar, Kali Ciliwung Gunung Sahari, Sodetan Sentiong Sunter, dan Kali Grogol – Sekretaris. Selain itu juga akan mengeruk 5 waduk yakni Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Sunter Utara, Waduk Sunter Selatan, dan Waduk Sunter Timur III.

Sedangkan setu yang akan direhabilitasi antara lain Setu Mangga Bolong, Setu Babakan, Setu Rawa Dongkal, dan Setu Cipondoh.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1302 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1085 personFolmer
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1017 personAnita Karyati
  4. Ancol Hadirkan Beragam Acara Seru di Momen Libur Sekolah

    access_time26-06-2024 remove_red_eye873 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye823 personBudhi Firmansyah Surapati