You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pengalaman Heru di Luar Negeri Jadi Semangat Siswa Penerima Beasiswa PTLN
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Pengalaman Heru di Luar Negeri Jadi Semangat Siswa Penerima Beasiswa PTLN

Sebanyak 44 siswa SMA Negeri dan Swasta di Jakarta lolos beasiswa S-1 Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) melalui Program Beasiswa Indonesia Maju (PBIM) Angkatan ke-2.

Motivasi yang bagus dari Pak Heru

34 siswa di antaranya dilepas Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balai Kota sebelum berangkat ke luar negeri pada Juli dan Agustus 2023. Sebelum dilepas, Heru sempat memberi motivasi dan semangat kepada siswa penerima beasiswa tersebut.

Salah seorang siswa Pesantren Kafila International Islamic School yang mendapat beasiswa berkuliah di Wageningen University and Research jurusan Teknik Lingkungan, Yuky Fachrafi mengaku senang diundang ke acara itu. Selain dapat bersosialisasi dengan siswa sesama penerima PBIM, motivasi dari Heru menjadi penyemangat tersendiri bagi dirinya.

Heru Beri Motivasi Penerima Beasiswa Diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri

“Motivasi yang bagus dari Pak Heru, yang membekas ke saya tips beliau dalam hidup di luar negeri dengan cara menggunakan soft skill beliau dalam memasak, beliau survive di tempat beliau berkuliah. Akan saya terapkan di tempat saya berkuliah nanti dan kebetulan saya belajar masak dari ayah saya yang seorang chef di Jepang,” ujar Yuky di Balai Kota DKI, Senin (10/7).

Yuky juga berpesan kepada penerima beasiswa lainnya agar jangan lupa awal perjalanan sehingga bisa meraih prestasi dan selalu meminta dukungan orang tua. Selain itu, ketika lulus tidak lupa untuk kembali ke Indonesia dan menerapkan ilmu dan pengalaman yang telah didapat selama di luar negeri.

“Dan membuat Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi dengan hal-hal dan pengalaman yang sudah kalian dapati dari luar,” ucap Yuky.

Sementara itu, siswa SMAN 55 Jakarta yang diterima di Glion Institute of Higher Education Jurusan Internasional Hosiptality Business Management, Raihanah Aqila Zhafira mengaku senang dan bersyukur karena sambutan hangat dari Heru. Pelepasan mereka sebelum berangkat ke luar negeri juga diiiringi doa dan motivasi yang menjadi penyemangat bagi para siswa BPIM.

“Kesan pesan dari Pak Pj Gubernur nambah wawasan aku, bikin aku tambah semangat lagi untuk membawa nama baik Indonesia di lingkup internasional,” ucap siswa yang akrab disapa Hanah ini.

Senada dengan keduanya, Siswa SMA Angkasa 2 yang diterima di Les Roches Switzerland jurusan Hospitality Management, Rafa Ramadhanty mengingat cerita Heru saat kuliah di luar negeri. Pengalaman Heru rindu kampung halaman dan cara mengatasinya membekas dalam ingatannya.

“Cerita beliau waktu beliau juga kuliah di luar negeri. Kita sebagai anak yang bakal merantau merasa kita tidak sendiri. Ada dukungan dari Pak Pj Gubernur, gimana rasanya kuliah di luar negeri, homesick, belajar menangani hal-hal tersebut. Kita juga belajar membawa nama baik Indonesia. Menginspirasi kita untuk mengenalkan Indonesia bisa dari makanan dan kebudayaan di kancah dunia,” kata Rafa.

Sementara itu, salah satu orang tua peserta didik penerima Beasiswa Program Indonesia Maju, Indrie Octa turut mengaku senang dan bersyukur atas adanya perhatian besar dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Terima kasih Pak Pj Gubernur, ini sangat melengkapi kebahagiaan kami. Semoga putra saya Kevin dan peserta didik lain peraih beasiswa ini makin termotivasi untuk giat belajar dan berkarya," tandas Indrie.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2071 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1183 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1049 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye773 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye766 personAldi Geri Lumban Tobing