You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Disbud Adakan Sertifikasi Tenaga Teknis Museum
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Disbud Adakan Sertifikasi Tenaga Teknis Museum

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta bersinergi dengan LSP P2 Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan Sertifikasi Tenaga Teknis Museum Tahun 2023 dalam rangka mendukung pemajuan museum se-DKI Jakarta.

Kualitas museum-museum tersebut menjadi tugas bersama yang memerlukan perhatian khusus

Penyelenggaraan kegiatan ini menggenapi upaya Dinas Kebudayaan DKI Jakarta dalam memajukan permuseuman se-Jakarta dengan menyelenggarakan sertifikasi terhadap 41 tenaga teknis, 13 orang pada tahun 2022 dan berlanjut 28 orang di tahun 2023.

Kepala Disbud DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, DKI Jakarta memiliki 74 galeri, monumen dan museum baik milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ataupun swasta dengan beragam kualitas baik dari segi pengelolaan ataupun sumber daya manusia museum.

Disbud DKI Catatkan Sepuluh Karya Kekayaan Intelektual Komunal dan Gedung Bappenas sebagai Cagar Budaya

“Kualitas museum-museum tersebut menjadi tugas bersama yang memerlukan perhatian khusus dari Pemprov DKI Jakarta, secara khusus Dinas Kebudayaan dalam hal membina para tenaga teknis museum yang menjadi garda depan penentu kualitas museum itu sendiri,” ujar Iwan, Rabu (12/7).

Adapun materi pembekalan dan yang diujikan sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 88 Tahun 2021 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Kesenian, Hiburan dan Rekreasi Golongan Pokok Perpustakaan, Arsip, Museum dan Kegiatan Kebudayaan Lainnya Bidang Permuseuman.

“Besar harapan peningkatan kompetensi sumber daya manusia museum dapat memicu setiap tenaga teknis untuk semakin semangat berkarya mengelola museum dengan lebih baik,” tandas Iwan.

Untuk diketahui, kegiatan ini diawali dengan seleksi wawancara pada tanggal 27 Juni 2023 di Perkampungan Budaya Betawi terhadap 68 peserta dan terpilih 28 orang untuk menjadi peserta sertifikasi.

Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan pada tanggal 7 Juli 2023 di Kantor LSP P2 Kebudayaan; asesmen metode praktek demonstrasi dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2023 untuk skema kurator, edukator, register dan penata pameran di Museum Sejarah Jakarta, serta skema konservator di Pusat Konservasi Cagar Budaya. Selanjutnya, asesmen metode wawancara yang diselenggarakan pada tanggal 11 Juli 2023 di Kantor LSP P2 Kebudayaan.

Seluruh rangkaian kegiatan baik narasumber pembekalan hingga asesmen melibatkan para pakar baik dari akademisi maupun profesional di bidang permuseuman.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1088 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye983 personAldi Geri Lumban Tobing