You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas PPAPP Beri Layanan Psikososial dan KB Bagi Penyintas Kebakaran Kapuk Muara
....
photo doc - Beritajakarta.id

Dinas PPAPP Beri Layanan Psikososial Bagi Penyintas Kebakaran Kapuk Muara

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta mengerahkan tim untuk memberikan layanan psikososial kepada ibu dan anak serta lansia penyintas kebakaran Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Setiap hari kita berikan pelayanan

Sebanyak 5-7 petugas terdiri dari petugas parenting, pendampingan kasus, psikolog klinis dan konselor dikerahkan untuk melayani pengungsi yang berada di gedung SKKT Kapuk Muara setiap hari.

Sekretaris Dinas PPAPP DKI Jakarta, Darwoto mengatakan, layanan psikososial diberikan untuk mencegah timbulnya dampak psikologis yang lebih mendalam para penyintas, khususnya Ibu, anak-anak dan lansia.

Siswa Penyintas Kebakaran Kapuk Muara Dapat Dispensasi KBM

Dia menyampaikan, Ibu dan anak-anak penyintas diberikan pendampingan, edukasi dan dihibur agar tidak mengalami tekanan serta mengurangi beban emosi mereka.

Darwoto menyampaikan, layanan psikososial juga bertujuan membantu anak-anak mengatasi rasa takut, kecemasan dan trauma akibat kebakaran, sehingga dapat kembali beraktivitas dengan lebih baik.

“Dinas PPAPP DKI kerahkan empat tim dalam satu minggu akan turun selama tiga kali. Setiap hari kita berikan pelayanan mendampingi mereka dengan memberikan dukungan moral, bagaimana bersikap untuk dirinya sendiri dan merawat anak-anak mereka selama di pengungsian. Memberikan permainan dengan edukatif, mendongeng, bercerita, bermain,” ujar Darwoto, Jumat (4/8).

Darwoto menambahkan, Dinas PPAPP DKI Jakarta juga mengerahkan para Penyuluh KB, Kader Dasawisma dan pengelola RPTRA untuk menampung konsultasi warga pengungsi. Mereka mendampingi para pengungsi untuk diajak melakukan telekonseling melalui website Pusat Layanan Keluarga (Puspa).

“Jadi pelayanan tetap dilakukan walaupun dari jarak jauh,” ucap Darwoto.

Selain psikososial, Dinas PPAPP DKI Jakarta bekerja sama dengan Puskesmas, tetap memberikan layanan KB. Pasalnya, banyak pengungsi yang masih berstatus pasangan subur (PUS) di lokasi pengungsian.

“Saya bentuk tim Pelayanan KB bekerjasama dengan Dinkes untuk menjaga kesehatan reproduksi para pengungsi,” tandas Darwoto.

Selain bantuan non-fisik, Dinas PPAPP DKI Jakarta juga mendistribusikan bantuan spesifik perempuan dan anak sepert sabun mandi; popok (diaper); pembalut wanita; susu bubuk untuk balita, ibu hamil dan lansia; biskuit bayi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1021 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye802 personAldi Geri Lumban Tobing