You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Pulau Tidung, Lokakarya, Minyak Jelantah
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Warga Pulau Tidung Ikuti Lokakarya Minyak Jelantah

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) menggelar lokakarya pembuatan lilin aromaterapi dengan menggunakan limbah minyak jelantah bagi ibu rumah tangga di RPTRA Tidung Ceria, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Utara.

Dengan membuat suatu karya dapat memberikan penghasilan tambahan

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mendukung penuh kegiatan yang dilakukan BEM UI. Lokakarya ini juga merupakan salah satu rangkaian dari program UI Youth Environmental Action (UI YEA).

"Gerakan BEM UI ini wujud implementasi Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Lingkungan Hidup di DKI Jakarta. Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan solusi bagi permasalahan lingkungan saat ini," ujarnya, Jumat (4/8).

Dinas LH Apresiasi BEM UI Luncurkan Program UI Youth Environmental Action

Asep mengharapkan, lokakarya pembuatan lilin dengan menggunakan limbah minyak ini dapat diimplementasikan di semua wilayah Kepulauan Seribu. Hal tersebut membuktikan limbah yang sudah tidak terpakai dapat diolah menjadi sesuatu bernilai ekonomis.

Ketua Pelaksana UI YEA, Futari Vania Sakanti menyampaikan, kegiatan ini ditujukan untuk mendorong penerapan ekonomi sirkular sekaligus memperkuat kemandirian ekonomi masyarakat Pulau Tidung, khususnya para ibu rumah tangga.

"Minyak jelantah merupakan jenis limbah rumah tangga yang sering kita temukan. Belakangan ini, minyak jelantah menjadi marak untuk diolah kembali," tuturnya.

Futari menerangkan, kegiatan ini diikuti puluhan ibu rumah tangga Pulau Tidung dengan harapan dapat menghasilkan uang bagi keluarganya dari limbah minyak jelantah.

"Dengan membuat suatu karya dapat memberikan penghasilan tambahan bagi ibu-ibu. Bahkan, dapat meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga masyarakat Pulau Tidung," tambahnya.

Wakil Ketua Pelaksana UI YEA, Gita Jilan Mahira menambahkan, selain lokakarya, pihaknya juga menyelenggarakan audiensi penyerahan kajian kepada pihak Kelurahan Pulau Tidung.

BEM UI melalui program UI YEA ini juga berkomitmen memberikan peninggalan yang dapat berdampak panjang.

"Kami menyusun kajian rekomendasi pengelolaan sampah di Pulau Tidung yang harapannya dapat dijadikan pertimbangan ke depan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye916 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati