You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pulau Lancang, Bimtek, Budidaya Anggur
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Puluhan Warga Pulau Lancang Ikuti Bimtek Budi Daya Anggur

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama dengan Komunitas Anggur Jakarta (KAJ) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Akademi Urban Farming Budidaya Anggur di Ruang Aula Kantor Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Semoga perwakilan 40 orang ini bisa mengajak warga lainnya budi daya anggur

Sub Koordinator Urusan Pengendalian Mutu dan Agribisnis Dinas KPKP DKI Jakarta, Imam Wahyudi mengatakan, kegiatan bimtek ini diadakan sebagai bentuk dukungan akan potensi urban farming di Pulau Lancang.

Di samping itu juga dalam rangka mendukung program Kampung Anggur di Pulau Pari yang bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Perkembangan Kebun Anggur di Pulau Lancang Terus Dimonitor

"Bimtek ini sangat perlu dilakukan, karena memberikan edukasi kepada warga dalam mengembangkan anggur di pekarangan rumahnya," kata Imam, Senin (14/8).

Imam menjelaskan, kegiatan bimtek ini diinisiasi KAJ dengan narasumber Sutarto, pegiat tanaman anggur dari wilayah Jakarta Utara.

Warga dinilai perlu mengetahui jika menanam anggur memiliki banyak manfaat. Mengingat, buah ini mengandung banyak vitamin, memiliki nilai ekonomi yang tinggi, bahkan mudah diolah.

"Penanaman anggur ini juga bagian dari upaya mendukung program ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Perwakilan KAJ, Sutarto mengaku senang melihat langsung budi daya tanaman anggur di pulau dan memberikan pelatihan bagi warga Pulau Lancang. Selama pelatihan, peserta sangat antusias mempelajari materi atau praktik yang diberikan.

Ia menjelaskan, budi daya tanaman anggur memerlukan ketekunan dan ketulenan dalam merawatnya. Sebab tanaman anggur ini juga tidak memerlukan banyak air, tetapi harus teratur pemberian airnya.

Saat ini, jenis tanaman anggur yang sudah mulai berkembang di Pulau Lancang seperti ninel, carnival, nizena hingga jupiter.

"Semoga perwakilan 40 orang ini bisa mengajak warga lainnya budi daya anggur," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2095 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1202 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1077 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1019 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye801 personAldi Geri Lumban Tobing