You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
kpu_ilustrasi_.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

Animo Pemilih Rendah, Jokowi Salahkan KPU

Keikutsertaan warga Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) hari ini ternyata sangat rendah. Dari tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni TPS 25,26 dan 27 di wilayah tersebut, rata-rata keikutsertaan warga di bawah 50 persen.

Kita sudah bantu kipas-kipas agar panas. Tapi sosialisasi dari KPU itu diperlukan sekali. Kita membantu kipas-kipas saja. Nyatanya yang ikut hanya segitu

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menilai, rendahnya keikutsertaan warga Jakarta karena sosialisasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kurang maksimal. Sehingga warga banyak yang tidak menggunakan hak pilihnya. Padahal, secara keseluruhan KPU DKI Jakarta menargetkan keikutsertaan warga ibu kota mencapai 75 persen.

Jokowi menambahkan, partai peserta pemilu telah membantu sosialisasi. Namun, nyatanya keikutsertaan masih saja rendah. "Kita sudah bantu kipas-kipas agar panas. Tapi sosialisasi dari KPU itu diperlukan sekali. Kita membantu kipas-kipas saja. Nyatanya yang ikut hanya segitu," kata Jokowi, di rumah dinas Jalan Taman Suropati nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/4).

Tak Disediakan TPS, Ratusan Pasien dan Karyawan RSCM Tak Nyoblos

Data yang himpun beritajakarta.com, dari 334 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 25 yang menggunakan hak pilihnya hanya 175 orang. Kemudian di TPS 26 dari 463 DPT yang hadir hanya 206 orang. Sementara di TPS 27, yang juga lokasi Jokowi dan Iriana mencoblos hanya 278 orang yang menggunakan hak pilihnya. Padahal, jumlah DPT yang tercatat mencapai 430 orang.

Ketua RT 05 Menteng, Bambang Sudirjo mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya keikutsertaan warga dalam Pemilu di kawasan Menteng. Kesibukan dan tingkat kepedulian yang rendah dianggap faktor utama. Selain itu, banyak warga yang sudah berusia lanjut sehingga enggan menggunakan hak pilihnya.

"Kita di sini dengan kesibukan masing-masing, tingkat kepedulian yang kurang serta usia yang sudah uzur. Di sini juga banyak rumah yang kosong," ujar Bambang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3913 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 106 Warga RW 06 Pengadegan Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3493 personTiyo Surya Sakti
  3. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari Ini

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3313 personAnita Karyati
  4. Warga Apresiasi Penataan Kawasan di Kelurahan Petamburan

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3257 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Kebakaran di Kelurahan Tengah Dipicu Arus Pendek Listrik

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3250 personNurito