You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sejak 2007 Warga RW 12 Cipmel Kompak Kerja Bakti
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Warga RW 12 Cipinang Melayu Kompak Jaga Kebersihan Lingkungan

Warga RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu (Cipmel), Makasar, Jakarta Timur, sejak 2007 sudah kompak dalam menjaga kebersihan lingkungan dan penghijauan.

Ketua RW 12 Cipinang Melayu, Asprioyono Hanggo Djalu menuturkan, kekompakan dalam menjaga kebersihan lingkungan ini sudah dimulai sejak  2007 silam. Saat dirinya membuat program dengan nama Kawasan bersih dan Hijau (KASIH), ternyata warga di 11 RT ini sangat kompak. Mereka mau kerja bakti menjaga kebersihan lingkungan dan menghijaukan dengan menanam tanaman di depan rumahnya masing-masing.

"Dari dulu warga sudah rutin melakukan kerja bakti setiap bulan di lingkungannya masing-masing. Bukan hanya di jalan namun juga di dalam rumahnya masing-masing," ujar Hanggo, Selasa (23/1).

Pemkot Jaktim Kembali Tanam 2.000 Pohon di Kolong Tol Becakayu

Menurutnya, dari kerja bakti ini, satu sama lain warga saling mengisi kekurangannya dalam membangun lingkungan. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan kekeluargaan. Ini juga sudah menjadi prinsip yang dipegangnya sampai sekarang.

"Kebersihan adalah kebutuhan dan warga juga memiliki kewajiban untuk menghijaukan lingkungannya masing-masing. Tiap warga harus menanam tanaman di depan rumahnya dan setiap bulan akan dicek untuk updatenya oleh RT dan RW," lanjut Hanggo.

Kebiasan ini, ungkap Hanggo, menganhantarkan wilayahnya  banyak meraih juara di tingkat provinsi maupun nasional. Seperti lomba program Kampung Iklim (Proklim) t2022 dan program Badan Pengeolahan Sampah (BPS) nya terbaik di Jakarta.  Kemudian, pada  2023 jadi juara pertama Lomba Kampung Bersih.

Adnan (61), warga RT 10/12 Cipinang Melayu menambahkan, aktivitas membersihkan lingkungan dan merawat tanaman sudah jadi hal rutin yang dilakukan.  

Sehingga ketika ada Lomba Gotong Royong tingkat provinsi, tidak perlu ada persiapan khusus.

"Kami sudah kompak.  Ibu-ibunya juga keluar semua dan menyiapkan makanan atau minuman untuk yang kerja bakti. Semua saling mengisi, sehingga warga betah tinggal di sini, termasuk yang ngontrak," ujar Adnan.

Sementara, Lurah Cipinang Melayu, Arroyantoro menjelaskan,  sebenarnya untuk kebersihan lingkungan ini sudah diterapkan di 13 RW. Hanya untuk mengikuti Lomba Gotong Royong tingkat provinsi, pihaknya menyodorkan RW 12. Karena warganya sangat kompak dan memang sudah terbiasa dengan menjaga kebersihan dan penghijauan setiap hari.

"Karena sudah menjadi faktor kebiasaan dalam hal kebersihan maka RW 12 kita sodorkan untuk mengikut lomba kerja bakti gotong royong," tukasnya.

Menurutnya, penilaian lomba kerja bakti gotong royong akan dilakukan pada hari Minggu (28/1). Sedangkan pada hari Selasa ini dilakukan penilaian lomba BPS nya.

"Kami optimis akan memenangkan lomba tingkat provinsi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2670 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2294 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2040 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1907 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1251 personAnita Karyati