You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Program PASTI Sunter Jaya Sukses Atasi Stunting
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

PASTI Sunjay Sukses Atasi Stunting di Kelurahan Sunter Jaya

Lurah Sunter Jaya, Eka Persilian Yeluma menggagas inovasi Program Percepatan Aksi Stunting Sunter Jaya (PASTI Sunjay) untuk memastikan kesehatan dan tumbuh kembang anak, khususnya usia balita.

S udah 133 balita dinyatakan bebas stuntin

Eka mengatakan, pada tahun 2023 terdapat 171 anak terindikasi stunting di Kelurahan Sunter Jaya. Melalui intervensi PASTI Sunjay, jumlah anak terindikasi stunting terus menurun.

"Saat ini sudah 133 balita dinyatakan bebas stunting dan tinggal 38 balita yang masih dalam proses pemulihan," ujarnya, Jumat (26/1).

Pemkot Jaksel Akselerasi Target Zero Stunting

Eka menjelaskan, pencegahan dan penanganan stunting di Kelurahan Sunter Jaya juga melibatkan partisipasi perusahaan melalui corporate social responsibility (CSR) dan organisasi lainnya.

"PASTI Sunjay merupakan kegiatan gotong royong meliputi penggalangan donasi untuk pengadaan alat dan makanan bergizi, orang tua asuh, serta pembentukan posyandu percontohan," terangnya.

Menurutnya, dari hasil penggalangan donasi, pihaknya bisa melakukan pengadaan alat timbang dan tinggi badan untuk dibagikan ke 24 posyandu, serta mendapatkan susu tinggi protein PediaSure untuk diberikan ke tiap balita terindikasi stunting.

"Kami juga menggencarkan pola orang tua asuh bagi balita terindikasi stunting hingga dinyatakan sehat dan tumbuh kembangnya baik," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk posyandu percontohan merupakan hasil kerja sama dengan PT Ajinomoto Indonesia dengan membentuk Kelompok Gerakan Sinergitas Stunting (Mpok Gesit).

"Saya sangat berterima kasih kepada warga, perusahaan pemberi CSR dan organisasi lainnya yang terus membantu upaya penurunan stunting di wilayah kami. Targetnya tahun ini di Kelurahan Sunter Jaya sudah bisa zero stunting," harapnya.

Tahun ini, lanjut Eka, juga akan difokuskan upaya pencegahan dini stunting dengan rutin mengadakan sosialisasi dan pendampingan kepada ibu hamil.

"Selain penanganan stunting, kami juga akan fokus terhadap pencegahan dini. Sehingga, diharapkan anak yang baru lahir bisa dalam kondisi sehat dan tidak dinyatakan stunting," bebernya.

Sementara itu, salah seorang warga RT 03/05, Kelurahan Sunter Jaya, Dewi Laksmi mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah peduli terhadap kesehatan anaknya.

"Melalui PASTI Sunjay ini anak saya mendapatkan makanan bergizi hingga susu tinggi protein, serta pengecekan kesehatan tiap minggu. Kurang dari tiga bulan anak saya sudah dinyatakan sehat kembali dan bebas stunting," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2674 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2488 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2359 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2357 personTiyo Surya Sakti
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2223 personTP Moan Simanjuntak